Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2014, Kepri Menjadi Penyalur BOS Tercepat di Indonesia
Oleh : Habibi
Senin | 17-02-2014 | 16:54 WIB
atmadinata_(1).jpg Honda-Batam
Atmadinata, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menorehkan prestasi sebagai penyalur dana bantuan operasional sekolah (BOS) tercepat. Setelah tiga tahun berturut-turut sebagai penyalur dana BOS tercepat triwulan II, III dan IV, pada tahun ini justru menjadi yang tercepat pada triwulan I 2014.

"Untuk tahun 2014 ini kita menjadi peringkat pertama karena kita menyalurkan dana tersebut sejak awal-awal sekali yaitu tanggal 7 Januari lalu," kata Atmadinata, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, kepada BATAMTODAY.COM, di sela-sela kunjungan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, di Batam, Minggu (16/2/2014) kemarin.

Sebagai perbandingan, Atmadinata mengatakan, sampai tanggal 10 Februari 2014 masih ada 10 provinsi yang belum menyalurkan dana tersebut. Termasuk di dalamnya adalah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

"Proses memberikan pelayanan dan percepatan penyaluran dana itu kita upayakan secepat mungkin agar dapat digunakan pihak sekolah dngan cepat pula. Apalagi untuk apa juga diperlambat?" terang Atmadinata. 

Dia menjelaskan, dana BOS khusus Kepri pada 2014 ini mendapatkan tambahan sebesar Rp1 miliar lebih dibanding tahun lalu. Sedangkan, menjelang penerimaan siswa baru (PSB) paa medio tahun ini, pemerintah juga menyiagakan dana sebesar Rp7 miliar untuk Kepri untuk mengantisipasi adanya penambahan jumlah siswa. 

"Anggaran penyangga ini untuk jaga-jaga, karena tahun anggaran dan tahun pelajaran itu beda. Hingga Desember nanti tahun pelajaran masih ada dua triwulan lagi. Nah, dana tersebut disiagakan untuk mengantisipasi itu," katanya. (*)

Editor: Roelan