Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh dan Manajemen Sepakat Aksi Mogok di PT Foster Dihentikan
Oleh : Gokli
Sabtu | 15-02-2014 | 10:12 WIB
Foster.jpg Honda-Batam
PT Foster.

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Foster yang terletak di Kawasan Industri Batamindo Lot 2 dan 3 kembali beraktivitas. Aksi mogok ribuan buruh di perusahaan tersebut dihentikan lantaran kesepakatan sudah tercapai, Sabtu (15/2/2014) pagi.


Berakhirnya aksi mogok yang dilakukan sekitar 2.300 orang buruh dimulai pada Jumat (14/2/2014) sekitar pukul 18.00 WIB. Aktivitas produksi kembali normal, buruh yang masuk pada shif malam tidak lagi melakukan aksi mogok, namun kembali kerja seperti biasa.

Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, perwakilan buruh melakukan negosiasi dengan pimpinan perusahaan dari Jepang atas nama Sugiyama. Oleh Sugiyama disebut mengakomodir semua tuntutan buruh.

"Perwakilan buruh sudah bertemu langsung dengan manajemen dari Jepang. Paling lambat poin-poin tuntutan buruh ditandatangani pada Jumat, (21/2/2014). Intinya pada pertemuan itu sudah ada kesepakatan," kata Hendri, salah satu pekerja.

Adapun tuntutan buruh PT Foster dalam aksi mogok yakni menuntut pembayaran uang perumahan Rp500 ribu per bulan, pembayaran uang transportasi Rp12 ribu per hari, pembayaran uang makan Rp12 ribu per hari.

Selanjutnya, buruh juga menuntut pembayaran iuran serikat supaya dimasukkan melalui slip gaji, penambahan upah untuk karyawan lama dari 0-5 tahun sebesar Rp50 ribu, dan perusahaan diminta menyediakan sekretariat untuk serikat buruh.

Editor: Dodo