Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ingin Tahu Info Pertanahan, Kirim SMS ke 2409
Oleh : Redaksi
Jum'at | 14-02-2014 | 12:22 WIB
mengirim-sms.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Informasi mengenai pertanahan sering dianggap "tertutup" dan "berbelit". Namun kini masyarakat bisa meminta layanan informasi mengenai pertanahan langsung ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) hanya dengan mengirimkan pesan singkat.

BPN sendiri telah menandatangani perjanjian kerja sama penyediaan layanan pesan singkat (SMS, short message service) informasi pertanahan dengan sembilan penyedia layanan telekomunikasi, di Jakarta, Kamis (13/2/2014) kemarin. Kesembilan penyedia layanan telekomunikasi yang terlibat dalam perjanjian kerja sama tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telekomunikasi Selular, PT Indosat Tbk, PT XL Axiata Tbk, PT Hutchison 3 Indonesia, PT Smart Telecom, PT Smartfren Telecom Tbk, PT Bakrie Telecom Tbk, dan PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia.

Hendarman mengatakan, melalui kerja sama itu masyarakat dapat dapat meminta layanan informasi pertanahan dengan cara mengirim pesan singkat ke nomor 2409. "Kode nomor yang digunakan ini pun mempresentasikan tanggal dan bulan lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), yakni tanggal 24 bulan 9 (September)," kata Hendarman seperti dikutip dari laman resmi BPN.

Menurutnya, beroperasinya SMS informasi layanan pertanahan dengan kode akses 2409 yang akan menyajikan informasi layanan Kantor Pertanahan kabupaten/kota seluruh Indonesia yang telah menjalankan Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) tersebut menunjukkan komitmen BPN untuk memperbaiki mutu pelayanan.

"Biaya per pesan juga seperti biasa, yakni hanya Rp350 per pesan untuk semua operator," ujar Hendarman.

Dia berharap, layanan dapat memudahkan masyarakat yang berurusan dengan Kantor Pertanahan karena perkembangan urusan pertanahan dapat diketahui tanpa harus datang ke Kantor Pertanahan, sehingga akan sangat menghemat waktu dan biaya. 

Namun, untuk sementara ini layanan 2409 ini baru bisa diakses melalui provider Telkomsel, Flexi dan XL, sedang provider lainnya akan segera menyusul.

Berikut adalah format layanan SMS kode akses 2409 sebagai layanan informasi pertanahan:

Informasi Berkas:
Berkas_nomor berkas/tahun PIN Kirim ke 2409

Informasi Biaya: 
Biaya Pengukuran: ukur_kodeprovinsi_luastanah Kirim ke 2409

Biaya Pemberian Hak: pemberian_kodeprovinsi_luastanah Kirim ke 2409

Biaya Konversi: konversi_kodepropinsi_luastanah Kirim ke 2409

Biaya Pengakuan Hak: pengakuan_kodepropinsi_luastanah Kirim ke 2409

Pengaduan:
Pengaduan#nama#nomortelepon#aduan Kirim ke 2409

Editor: Roelan