Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PGN Resmi Salurkan Gas untuk Rumah Tangga di Batam
Oleh : Surya
Kamis | 13-02-2014 | 13:23 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk meresmikan penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di kota Batam, Kepulauan Riau. Peresmian dilaksanakan di Perumahan Kurnia Djaya Alam, Batam. 

Hadir dalam peresmian itu antara lain Direktur Pengusahaan PGN, Jobi Triananda Hasjim, General Manager SBU Distribusi Wilayah III Mugiono, Pemerintah Kota Batam, serta DPRD Kota Batam.

Acara peresmian itu ditandai dengan pembukaan keran aliran gas dan pemantikan api di kompor milik salah satu warga yang sudah siap menikmati aliran gas bumi. Jobi menjelaskan proyek yang telah dimulai pada September 2013 lalu ini,  ditargetkan selesai pada Februari 2014.

Namun penyelesaiannya lebih cepat, yakni di Januari kemarin. Jaringan distribusi gas sepanjang 8,55 kilometer ini akan menambah jaringan distribusi gas yang sudah ada di Batam.

"Dengan tingginya respons dari masyarakat, PGN akan terus berusaha mengembangkan jaringan ke perumahan lainnya agar lebih banyak masyarakat," kata Jobi dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (12/02/2014).

Pembangunan jaringan distribusi gas rumah tangga ini merupakan bagian dari upaya PGN untuk mendukung program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Gas Bumi. Jobi menyebut beberapa perumahan di Batam sudah lama menggunakan jaringan gas PGN seperti Perumahan Bida Asri dan Puri Legenda.

"Ke depan, PGN siap untuk bersama-sama dengan masyarakat dan swasta lainnya mengembangkan jaringan dan meningkatkan pemanfaatan gas bumi," ujarnya.

Untuk meningkatkan penggunaan gas bumi di masyarakat, kata Jobi, PGN akan melakukan pembangunan jaringan baru secara masif melalui Gerakan PGN Sayang Ibu. Dalam program ini PGN akan membangun jaringan gas baru untuk 1 juta pelanggan dan tahun ini menjadi awal dari program itu.

Dikatakannya, tahun ini, PGN menganggarkan dana US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun untuk pembangunan jaringan gas baru di berbagai wilayah Indonesia. Jaringan baru ini diharapkan akan lebih banyak rumah tangga yang menikmati gas bumi yang lebih ramah lingkungan, efisien dan aman.

PGN juga membangun infrastruktur gas untuk transportasi. Tahun ini, PGN akan membangun 16 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan Mobile Refueling Unit (MRU) di Jakarta, Surabaya dan Sukabumi.

Editor : Surya