Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

M Lutfhi Mendag baru Pilihan SBY Gantikan Gita Wirjawan
Oleh : Surya
Rabu | 12-02-2014 | 12:10 WIB
M_Lutfi.jpg Honda-Batam
Muhammad Luthfi, Menteri Perdagangan baru menggantikan Gita Wirjawan yang mundur menjadi peserta calon presiden konvensi Partai Demokrat

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menunjuk Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Gita Wirjawan yang telah mengundurkan diri.


"Saya telah lakukan fit and proper test terhadap seseorang yang saya pilih sebagai Mendag dengan didampingi Wapres terhadap Saudara Muhammad Lutfi, mantan Dubes Indonesia untuk Jepang," kata Presiden SBY di kantornya, Rabu (12/2/2014).

Dia menjelaskan, Lutfi bukanlah orang baru di kancah ekonomi serta pemerintahan Indonesia, karena sebelum menjadi Dubes RI untuk Jepang, Luthfi adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Saudara M Lutfi bukan orang baru dan telah berpartisipasi dalam pemerintahan yang saya pimpin, mulai dari Kepala BKPM yang tidak mudah. Setelah itu, Saudara Lutfi menjadi dubes di Jepang, salah satu mitra strategis Indonesia. Oleh karena itu, atas dasar pengalaman itu serta penugasan yang berkaitan investasi dan perdagangan, setelah melakukan fit and proper test dua hari lalu, saya yakin Saudara Lutfi mampu sebagai Mendag," kata SBY.

Saat itu, kata presiden, Lutfi berhasil mengemban tugas menarik investasi di masa-masa ekonomi Indonesia tengah mengalami kesulitan."Dorong perekonomian Indonesia. Ekonomi bisa bertahan, pertumbuhan positif dan tinggi. Setelah itu jadi duta besar RI di Jepang, mitra strategis, perdagangan makin maju," katanya.

M. Luthfi akan dilantik sebagai Mendag menggantikan Gita Wirjawan besok, Jumat (13/2). Setelah itu, Gita Wirjawan secara resmi akan melakukan serah terima jabatan kepada Luthfi.

Presiden SBY menambahkan,  Presiden mengakui telah menerima surat pengunduran diri resmi dari Gita. "Saya menyimak yang jadi alasan, saya bisa terima dan setujui sejalan dengan apa yang dilakukan Gita Wirjawan sebagai peserta konvensi capres sebuah partai politik jadi dikhawatirkan akan mengganggu tugasnya sebagai mendag. Oleh karena itu saya terima dan setujui pengunduran dirinya," ujar Presiden.

Sebelumnya, Gita Wirjawan resmi mundur sebagai Menteri Perdagangan pada 31 Januari 2013 lalu, "Saya mengundurkan diri dari jabatan sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia efektif 1 Februari 2014," kata Gita di Jakarta beberapa waktu lalu.

Gita beralasan keikutsertaannya dalam konvensi capres Demokrat cukup menyita waktu sehingga tidak bisa fokus sebagai menteri. Untuk itu kata Gita, dirinya harus memilih salah satunya.

"Mengingat betapa pentingnya konvensi ini bagi kepentingan bangsa, saya sudah merasa selayaknya jika saya mencurahkan seluruh energi dan waktu untuk menyukseskan upaya mulia ini," katanya.

Gita merupakan salah satu dari 11 peserta Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat. Sebelumnya, Gita juga pernah dikabarkan mundur sebagai Mendag, karena kesibukannya dalam kontestasi politik partai besutan SBY itu.

Editor : Surya