Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Bulan Tak Digaji, Puluhan Pilot Tinggalkan Merpati
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-02-2014 | 14:26 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Puluhan pilot maskapai Merpati Nusantara Airlines menyatakan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut walaupun sudah bekerja selama bertahun-tahun. Keputusan pengunduran diri ini diambil setelah para pilot tersebut tidak mendapat gaji selama tiga bulan terakhir akibat kesulitan keuangan yang dialami maskapai tersebut.

"Ada lebih dari 50 pilot yang mengundurkan diri dan pindah ke maskapai lain. Kami tidak bisa mencegah karena ini soal kebutuhan hidup," ujar Ketua Asosiasi Pilot Merpati, Capt Sardjito di Jakarta, Jumat (7/2/2014) kemarin.

Walaupun sebagian pilot memutuskan mengundurkan diri, Sardjito mengatakan masih banyak pilot yang tetap bertahan di Merpati walaupun belum mendapatkan gaji selama tiga bulan terakhir. Untuk itu, dia mendesak pemerintah untuk turun tangan menyelesaikan kemelut keuangan yang terjadi di Merpati. 

"Kami harap Menteri BUMN Dahlan Iskan segera mengambil alih dan menyelamatkan Merpati sesuai arahan Presiden," ujarnya.

Lebih lanjut Sardjito menjelaskan, selama ini para pilot di maskapai tersebut telah berupaya untuk tetap mendukung operasional Merpati. Namun menurutnya, pihak Direksi Merpati tidak menunjukkan itikad baik dengan membayar gaji, tunjangan, uang terbang dan sisa THR para pilot tersebut. 

Untuk itu asosiasi meminta pemerintah untuk mengambil tindakan tegas pada jajaran Direksi. "Kalau memang tidak mampu, ganti Direksinya dengan yang mampu, jangan malah mengumbar pernyataan di media yang justru membuat kami kebingungan," ujarnya. (*)

Sumber: runway-aviation.com