Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Cabang di Indonesia, AirAsia X Akan Bersaing dengan Garuda
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-02-2014 | 13:37 WIB

BATAMTODAY.COM - Unit penerbangan jarak jauh milik maskapai udara Malaysia, AirAsia X, akan membuka cabang yang menghubungkan Bali dengan Hong Kong, Australia, dan Jepang. AirAsia X berharap segera mendapatkan izin untuk membentuk maskapai penerbangan yang berkantor di Indonesia dan berencana untuk beroperasi pada akhir tahun, demikian keterangan eksekutif senior AirAsia, Rabu.

Rencana AirAsia X tersebut akan membuka persaingan dengan Garuda Indonesia yang sejumlah rute domestiknya telah dicaplok oleh Lion Air. Kelompok usaha AirAsia juga berupaya menyaingi Jetstar, unit maskapai murah milik Qantas Airways, Australia.

AirAsia merealisasikan rencana ekspansi setelah pemerintah Thailand meloloskan izin bagi perusahaan tersebut untuk membuka cabang di Bangkok. Meningkatnya kehadiran maskapai bujet jarak jauh di kawasan Asia Tenggara menjadi bukti bahwa segmen yang biasa didominasi operator tradisional mulai mendapat tantangan.

AirAsia tidak bersedia memberikan komentar.

Maskapai tradisional seperti Malaysian Airline System dan Thai Airways International pada dasawarsa silam telah kalah bersaing dengan dengan AirAsia dan Lion Air dalam penerbangan jarak pendek. Jumlah pelancong beranggaran minim di Asia Tenggara kini mencapai separuh dari penumpang udara kawasan, demikian firma konsultasi CAPA-Centre for Aviation.

Seiring dengan fokus maskapai bujet pada penerbangan berdurasi lima jam atau kurang demi mengirit ongkos operasi, maskapai premium di Asia Tenggara menengok pada rute jarak jauh guna mendorong pertumbuhan. Maskapai-maskapai itu menambah frekuensi penerbangan ke sejumlah negara seperti Cina, Jepang, Korea, dan Australia, yang permintaan perjalanan bisnis dan liburannya meningkat.

Namun, maskapai premium dipusingkan dengan penerbangan berjarak sangat jauh yang terutama dipicu oleh ekspansi maskapai penerbangan asal Timur Tengah.

Maskapai bujet kini membidik rute berjarak lebih panjang dengan menimbang bahwa calon penumpang melek-tarif akan tetap memperhitungkan ongkos. AirAsia X, Jetstar, dan Scoot adalah sejumlah pemain pasar tersebut.

AirAsia X berdiri pada 2007 untuk melayani penerbangan ke Cina, Jepang, dan Australia dengan durasi terbang empat hingga delapan jam dari Kuala Lumpur, Malaysia. Maskapai itu juga berfungsi sebagai pengumpan rute AirAsia Asia Tenggara dengan pesawat Airbus A330-300 berbadan lebar. AirAsia X adalah salah satu maskapai dunia yang memampatkan kelas ekstra ekonomi A330 dengan sembilan tempat duduk per deret demi mendongkrak kapasitas. (*)

Sumber: The Wall Street Journal