Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri Alokasikan Rp723 Miliar untuk Anggaran Pendidikan
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 07-02-2014 | 15:24 WIB
anggaran pendidikan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan Rp723 miliar dari APBD 2014 untuk anggaran pendidikan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Robert Iwan Lorioux mengatakan alokasi ini lebih besar dari 20 persen dari yang diamanatkan UU dalam APBD.

"Dari total Rp3,495 triliun APBD 2014 Provinsi Kepri, lebih dari 20 persen atau sekitar Rp723 miliar dana APBD yang kita alokasikan untuk pendidikan," kata Robert, kemarin.

Sedangkan Rp261 miliar dana yang tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), merupakan dana kegiatan rutin serta operasional, pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM di Dinas Pendidikan. Sisanya juga terdapat dana peningkatan pendidikan.

"Jadi selain alokasi dana yang ada pada DPA Dinas Pendidikan, alokasi dana untuk meningkatkan pendidikan juga tersebar pada sejumlah SKPD termasuk dana hibah dan dana bantuan belajar, hingga total keseluruhan mencapai Rp723 miliar," jelas Robert.

Ketua DPRD Kepri, Nur Syafriadi juga mengatakan hal yang sama. Digabung dengan alokasi dana yang tersebar pada sejumlah SKPD, total dana APBD dinas pendidikan Kepri hampir mencapai Rp723 miliar.

"Jadi komponen alokasi dana APBD untuk pendidikan itu, tidak hanya yang ada pada pos DPA Dinas Pendidikan, tetapi ada juga di beberapa SKPD dianggarkan," kata Nur.

Editor: Dodo