Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertama Kali, Kedai Kopi di Inggris Gunakan Susu Unta
Oleh : Redaksi
Jum'at | 07-02-2014 | 12:20 WIB
susu_unta.jpg Honda-Batam
(Foto: rri.co.id)

BATAMTODAY.COM - Kopi yang dicampur dengan susu unta pertama di Inggris mulai dijual sebuah kedai kopi baru-baru ini. Bernama Taylor Street Baristas, kedai kopi menawarkan menu kopi dengan susu yang populer dikonsumsi di Timur Tengah dan beberapa negara di Afrika tersebut.

Negara-negara tetangga Inggris, seperti Belanda dan Belgia telah lebih dulu menjual susu unta di berbagai toko organik dan mendapat sambutan cukup baik. Ini karena susu unta bercita rasa segar dan gurih, hampir mirip dengan susu skim.

Susu unta juga ternyata mengandung setengah lemak dari susu sapi dan kaya akan vitamin C serta lemak tak jenuh.

Susu yang digunakan di kedai kopi ini langsung diimpor dari Afrika Emirates Industry for Camel Milk & Products (EICMP) dengan nama Camelicious. Para pelanggan ditanya kesediaannya untuk memberikan donasi sebesar £1 atau sekitar Rp14.000 kepada sebuah badan amal pertanian bernama Farm Africa.

Menggunakan susu unta sebagai pengganti susu sapi bagi masyarakat Inggris adalah mimpi editor majalah The Grocer, Richard Ford. Ia berencana untuk mengumpulkan dana bagi Farm Africa dengan menyelenggarakan Brighton Half Marathon, pada 16 Februari mendatang.

"Susu sapi, kambing hingga kerbau telah tersedia secara luas di seluruh Inggris saat ini. Tidak ada alasan mengapa susu unta tidak dapat masuk di pasaran," ucap Ford seperti dilansir laman Daily Mail.

Manajer Umum dan Pengembangan Bisnis EICMP, Mutasher Al Badry, juga mengatakan bahwa organisasinya berharap dapat membangun industri susu unta di negara-negara Eropa dan membantu area-area peternak unta lainnya untuk melakukan hal yang sama.

"Susu unta telah lama populer di Timur Tengah dan Afrika Timur, namun akses untuk pasar yang lebih luas selalu terbatas," ucapnya.

Sebagai informasi, susu unta telah dikatakan oleh banyak ahli sebagai alternatif susu sapi yang lebih sehat. Menurut banyak studi, susu unta bahkan merupakan susu yang paling mendekati ASI manusia dibandingkan dengan susu lainnya.

Kondisi tersebut membuat susu unta memiliki sederet manfaat kesehatan, karena kandungan vitamin dan mineral terutama vitamin B, C serta zat besi.

Tak hanya itu, susu ini baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes tipe 1 dan 2. Studi yang dilakukan Asosiasi Susu Unta menunjukkan, pasien diabetes tipe 1 yang mengonsumsi susu unta secara rutin mengalami perbaikan tingkat gula darah.

Tidak berhenti itu, susu unta juga kaya akan protein dan menjadikannya minuman yang sangat baik bagi mereka yang kekurangan laktosa.

Saat ini, susu unta memang belum begitu populer di dunia. Namun, fakta bahwa susu ini menawarkan manfaat kesehatan yang lebih baik dibanding susu sapi dan susu kambing termasuk mampu menurunkan tingkat kolesterol, bisa saja membuatnya menjadi lebih populer di masa yang akan datang.

Sumber: VIVAlife