Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasokan Berlimpah, Dingkis Pun Diobral di Pinggir Jalan
Oleh : Habibi
Sabtu | 01-02-2014 | 15:48 WIB
P1210011.JPG Honda-Batam
Ikan dingkis yang dijual di pinggir Jalan Pelantar 2 Tanjungpinang, Sabtu (1/2/2014). (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pasca perayaan Imlek, ikan dingkis jutru membanjiri Tanjungpinang. Akibat banyak yang berlebih, ikan dingkis pun sampai dijual di pinggir-pinggir jalan di Jalan Pelantar 2 dan Jalan Pelantar KUD Pasar Baru Tanjungpinang.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Sabtu (1/2/2014), banyak pedagang yang membuka lapak untuk berjualan ikan dingkis. Menurut pedagang, ikan dingkis justru membanjiri Tanjungpinang setelah perayaan Imlek. Bahkan, sampai besok Minggu (2/2/2014), ikan dingkis masih berlimpah.

Saking banyaknya pasokan, ikan dingkis pun sampai diobral. Pagi tadi, dingkis ukuran besar atau selebar telapak tangan orang dewasa dan bertelur, dibanderol Rp80 ribu per kilogram, hampir separuh dari harga yang ditawarkan dua hari sebelumnya Rp200 ribu per kg. Sementara itu untuk ukuran sedang hanya Rp 50 ribu per kg.

"Memang (harganya) sudah murah karena 'banjir' dan telat juga datangnya. Seharusnya saat malam Imlek atau hari pertama Imlek banjir. Makanya tahun-tahun sebelumnya harganya tinggi karena banyak yang cari. Sekarang dijual murah pun tidak banyak yang cari karena sudah lewat satu hari," tutur A Sai, yang membuka lapak di pinggir Jalan Pelantar 2. 

Uniknya, harga dingkis di pasar ikan Pelantar KUD, pada pagi tadi, masih dijual dengan Rp100 ribu hingga Rp150 ribu per kg. (*)

Editor: Roelan