Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah 25 Tahun Lalu, Metallica Kembali Getarkan Grammy dengan 'One'
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-01-2014 | 11:49 WIB
metallica.jpg Honda-Batam
Metallica. (Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - "One" adalah lagu yang pertama kali dimainkan Metallica dalam ajang Grammy Awards 1989, tepatnya 25 tahun yang lalu saat mereka dipecundangi sebuah band rock klasik bernama Jethro Tull dalam memperebutkan gelar Best Hard Rock/Metal Performance.

Sementara pada gelaran kali ini, Metallica membuktikan bahwa "One" juga mampu menembus wilayah musik klasik dengan tampil berkolaborasi bersama pianis asal negeri Tirai Bambu, Lang Lang.

Ributnya nada tak harmonis dari Lang Lang, yang berbusana biru muda, mengawali munculnya empat bayangan hitam lain di atas panggung. Diantara samar-samar suara latar peperangan, intro ikonis "One" berkumandang dari gitar James Hetfield, dan Lang Lang mulai mengalunkan beberapa nada ekspresif.

Lalu ketika Hetfield menyuarakan kepedihan tentara yang lumpuh akibat perang lewat liriknya, Lang Lang menyahut secara emotif bersama melodi yang kemudian menjadi heavy.

Sebelum waktunya gempuran riff yang terkenal dari "One" tiba, sang pianis menyelinginya dengan badai nada-nada rendah bersumber dari tuts-tuts pianonya, menyambut kedatangan riff itu hingga klimaks berwujud solo gitar dari gitaris Kirk Hammet yang mengenakan kaos album Transformer dari Lou Reed itu membuncahkan sorakan penonton.

Hingga lagu itu berakhir, apa yang dikatakan Kirk Hammet kepada Rolling Stone sebelum penampilan tersebut memang benar adanya, "Kami mempertahankan semua bagian heavy," ujarnya. "Dan ini akan sangat keren dan sangat dinamis."

Baik Metallica maupun Lang Lang tak asing lagi dengan panggung Grammy Awards. Lang Lang terakhir kali tampil di Grammy menemani Herbie Hancock membawakan lagu George Gershwin, "Rhapsody in Blue" pada 2008 silam. Sementara Metallica tercatat 9 kali menerima penghargaan di Grammy, meski terakhir kali mereka bermain di ajang tersebut adalah di tahun 1992.

Namun Metallica hadir kembali semalam setelah meraih nominasi Best Recording Package dari soundtrack film mereka, Metallica: Through the Never. Sayangnya peluang meraih penghargaan ke 10 harus kandas usai kategori itu dimenangkan oleh Long Night Moon dari Reckless Kelly.

Sumber: Rolling Stone