Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lion Air Batalkan Pesanan Lima Boeing 787 Dreamliner
Oleh : Redaksi
Senin | 27-01-2014 | 20:06 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Maskapai penerbangan Lion Air membatalkan pesanan lima pesawat Boeing 787 Dreamliner. Sebagai gantinya, Lion Air akan menggunakan pesawat berbadan ramping (narrowbody), yakni Boeing 737.

Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana, rencana pembelian lima unit pesawat berbadan lebar itu karena rata-rata slot di bandara-bandara di Indonesia, apalagi Jakarta, sudah sangat padat. Itu berarti Lion Air membutuhkan pesawat yang lebih besar dari Boeing 787-8 untuk mengangkut 250 penumpang. 

Sebagai gantinya, Lion Air mencari pesawat dengan kapasitas setara atau lebih dari 350 kursi. Lion Air akan memesan pesawat ini pada 2015. 

Menurut Rusdi, Boeing 737 hasil konversi Boeing 787 Dreamliner akan masuk dalam armada perusahaan yang sudah memiliki pesawat jenis tersebut dalam jumlah besar. Sementara itu, pesawat widebody akan dipesan tahun depan dan akan digunakan untuk melayani rute penerbangan domestik dengan frekuensi tinggi.

Sebelumnya, Lion Air memesan pesawat Boeing 787 Dreamliner bagi anak perusahaannya, Batik Air, untuk melayani rute-rute penerbangan internasional jarak menengah dan jarak jauh. (*)

Editor: Roelan