Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut Waspadai Gelombang Tinggi
Oleh : Hadli
Jum'at | 24-01-2014 | 16:42 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Jumat 24/1/2014) kembali mengimbau kepada pengguna transportasi laut agar tetap berhati-hati terhadap angin kencang, gelombang tinggi dan arus laut yang terjadi cukup kuat di wilayah perairan Kepri.

Hal itu disampaikan Kepala BMKG Hang Nadiim Batam, Philip Mustamu melalui prakirawan cuacanya, Aqita Devi Prastiwi. "Adanya daerah pusaran tekanan rendah 'low prerssure' di wilayah Samudra Pasifik atau sebelah timur Filipina dan sebelah utara Australia mengakibatkan konsentrasi massa udara mengalir ke wilayah tersebut hingga potensi pertumbuhan awan di wilayah Kepri menjadi berkurang," terangnya.

Nilai kelembapan udara yang rendah dan keceatan angin yang tinggi, tambahnya, juga kurang mendukung dalam proses pertumbuhan awan di Kepri. Cuaca diperkirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang bersifat lokal. "Kondisi ini masih kondusif untuk aktifitas transportasi darat dan udara," kata kembali.

Untuk wilayah Batam, kecepatan angin berkisar 5-38 kilometer per jam dengan arah utara serta tinggi gelombang antara 1 meter hingga 3 meter yang didukung kecepatan arus laut 25 sentimeter per detik. Untuk wilayah Tanjungpinang dan Bintan, kecepatan angin diperkirakan sama dengan di Batam. Namun untuk tinggi gelombang di wilayah ini dari 1 meter hingga 3,5 meter dengan kecepatan arus laut 40 sentimeter per jam.

Untuk wilayah Kabupaten Karimun, kecepatan angin 5-35 kilometer per jam dengan arah menuju barat laut. Tinggi gelombang, 0,8 hingga 2 meterdengan kecepatan arus 15 sentimeter per detik. Sedangkan kecepatan angin di wilayah Lingga sama dengan di Karimun kecuali arah angin menuju ke utara, sedangkan tinggi gelombang sama dengan di Batam yakni 1 hingga 3.0 meter, namun kecepatan arus laut diwilayah ini lebih kuat dari Batam yakni 40 sentimeter per detik dengan arah barat daya.

Sedangkan untuk wilayah Natuna, kecepatan angin di wilayah ini cukup tinggi dari wilayah lainnya di Kepri,  yakni 5 - 44 kilometer per jam, sedangkan wilayah Anambas yakni 5-40 kilometer per jam.  Namun untuk tinggi gelombang di kedua kabupaten ini diperkirakan sama, yakni 1,0 meter hingga setinggi 4.0 meter dengan kecepatan arus laut di Natuna 40 sentimeter per detik dengan barat. Sedangkan di Anambas Kecepatan arus lautnya lebih rendah, yakni 15 sentimeter per detik dengan arah utara.

Sedangkan untuk keadaan cuaca di Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga dan Anambas berawan kecuali Natuna mengalami berawan disertai hujan ringan.

Editor: Dodo