Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Agar Anak Tak Bolos Sekolah
Oleh : Redaksi
Kamis | 23-01-2014 | 09:01 WIB
jangan-bolos-sekolah-lirik-lagu-anak.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Siswa terjaring razia Satpol PP karena bolos sekolah. (Foto ilustrasi)

BATAMTODAY.COM - Ada saja orang tua sering dipusingkan oleh ulah anaknya yang sering bolos sekolah. Bahkan sampai bosan bolak-balik dipanggil pihak sekolah karena akumulasi bolos si anak sudah mencemaskan. Pihak sekolah dan orang tua lebih sering saling menyalahkan.

Lantas, bagaimana cara orang tua agar anak tak suka bolos ke sekolah? Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) menegaskan, hubungan yang baik dengan keluarga menjadi salah satu faktor dalam kehadiran di sekolah.

Survei yang dilakukan OECD menunjukkan, siswa yang secara teratur makan bersama orang tuanya, lebih kecil kemungkinan untuk membolos. 

Di negara-negara maju, sekitar 18 persen siswa membolos, dengan Latvia yang paling tinggi dan Jepang paling rendah.

Laporan OECD juga memperingatkan dampak dari kehadiran siswa terhadap hasil ujian yang baik.

Data absensi dikumpulkan bersamaan dengan ujian PISA oleh siswa berusia 15 tahun dan memperlihatkan hasil yang negatif jika tidak hadir di ruang kelas. Jadi, ada hubungan yang kuat antara siswa yang bolos dengan hasil yang buruk, jika dilihat dari ujian matematika.

Perbandingan secara internasional memperlihatkan siswa yang absen lebih banyak di Inggris dibanding sistem pendidikan yang baik seperti di Korea Selatan dan Shanghai, Cina.

Studi OECD merujuk bahwa selain faktor ketertarikan, ada pengaruh dari keterlibatan orang tua dan juga partisipasi siswa dalam kehidupoan keluarga. Dari tiga perempat negara-negara yang memiliki data, maka anak-anak yang makan bersama dengan orangtuanya lebih kecil kemungkinan membolos.

Nah, bagaimana dengan Anda sebagai orang tua? Apakah anak Anda sering makan bersama? (*)

Sumber: BBC