Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Subaru Luncurkan WRX Edisi Terbatas
Oleh : Redaksi
Selasa | 21-01-2014 | 11:44 WIB
subaru-wrx-bodi.jpg Honda-Batam
Subaru WRX Limited Edition. (Foto: Otomotifnet)

BATAMTODAY.COM - Dalam pameran mobil pertama di tahun kuda kayu (2014) NAIAS di Detroit, Subaru membuka selubung model terbaru dari versi STi, yakni All New WRX. Karena memiliki karakter yang kuat sebagai sedan menengah bertenaga hebat, banyak penyuka mobil Jepang ini memperkirakan akan dibenamkan mesin 1.6L turbo.

Ternyata, perkiraaan itu meleset dan Subaru WRX ini mengusung jantung pacu 2.5L. Tenaga yang dihasilkan 304 dk pada 6000 rpm memang meningkat dibandingkan versi sebelumnya, tapi sangat kecil, yakni hanya 8 dk. Sebaliknya, torsi yang tadinya 407 Nm pada 4000 rpm, justru turun menjadi 392Nm.

Sudah begitu, bobot Subaru WRX ini mempunyai bobot sekitar 30 kg lebih berat dari pendahulunya. Hanya, pada sistem driveline yang lebih kompleks. Termasuk sistem Si-Drive yang kembali diterapkan pada produk 2015 ini punya empat perbedaan.

Pertama, bila pada versi lawas diferensial depan normal dan belekang akrab dengan Torsen. Kini, pada model baru menganut sistem mekanis (belakang) dan electronic center diff membuat pembagian torsi sesuai dengan kebutuhan. Kedua, ada juga trosi vectoring pada roda depan dengan rem brembo yang besar.

Ketiga, radius putar setir ditingkatkan dengan perbandingan rasio 13:1. Tetap hidraulik dibantu dengan sistem kemudi bertenaga listrik yang diklaim lebih efisien pemakaian bahan bakar.

Terakhir, STi terbaru ini dilengkapi transmisi manual 6-percepatan tanpa kopling ganda. Kemudian, pada WRX standar juga ditawarkan CVT sebagai pilihan.

Tidak seperti inkarnasi pada STi sebelumnya ada versi hatchbacknya, untuk edisi terbatas ini tidak ada. Peluncuran edisi retro dengan warna khas reli dunia, biru dipadu pelek keemasan, hanya diproduksi terbatas. Pihak Subaru mengatakan hanya akan diproduksi 1.000 unit dan semua itu dilemparkan ke pasar Amerika Utara.

Sumber: otomotifnet.com