Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Direktur PT Suxson Indotama Sebut PT Galangan Mercusuar belum Bayar Rp1,1 Miliar
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 15-01-2014 | 20:25 WIB
IMG-20140115-00070.jpg Honda-Batam
Direktur Utama PT Suxson Indotama, Agus Kurniawan. (foto: berton Siregar/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Utama PT Suxson Indotama, Agus Kurniawan, tak bisa berbuat banyak terhadap aksi demo buruh yang menuntut pembayaran gaji mereka selama dua bulan. Agus sendiri beralasan, jika pihak PT Galangan Mercusuar yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, belum membayarkan kewajibannya.

"Tagihan atas invoice-nya sudah dimasukkan sejak Jumat kemarin, Bang. Seharusnya tanggal satu kemarin (cairnya). Tapi PT Galangan Mercusuar tidak ada respon," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, dengan wajah pucat dan tangan gemetar.

Menurutnya, para buruh yang berjumlah sekitar 300 orang itu selalu mendesaknya. Padahal tagihannya sebesar Rp1,1 miliiar masih ada di PT Galangan Mercusuar, selaku perusahaan yang memberikannya proyek dalam pekerjaan pembuatan kapal tersebut. 

"Dana untuk (gaji) para buruh hanya membutuhkan sekitar Rp150 juta, sementara tagihan saya di sini masih ada sekitar Rp1,1 milliar," katanya.

Sementara itu pihak PT Galangan Mercusuar malah tak ambil pusing dengan aksi demo yang digelar buruh di lokasi perusahaan tersebut. "Demo ini sebenarnya bukan urusan kami. Soal tagihan itu urusan subcon dengan karyawannya," ujar Manager PT Galangan Mercusuar, Arman. 

Pantauan di lokasi, hingga saat ini, ratusan buruh subcont PT Suxson Indotama masih menunggu hasil perundiagan antara manajemen PT Galangan Mercusuar dengan PT Suxson yang dimediasi oleh pihak kepolisian.

Diberitakan sebelumnya, ratusan buruh subcon PT Suxson Indotama yang bergerak dalam pembuatan kapal di lokasi PT Galangan Mercusuar Tanjunguncang, menggelar demo pada Rabu (15/1/2014) sore. Para buruh menuntut pembayaran gaji yang sudah tertunggak selama dua bulan.

Tengku, salah seorang buruh, mengatakan, sejak dua bulan lalu Agus, Direktur Utama PT Suxson Indotama, tidak pernah membayarkan gaji mereka dengan alasan tagihan yang belum dibayarkan oleh pihak PT Mercusuar. 

"Dia janji-janji terus ke kami, dari tanggal satu kemarin hingga hari ini," ujar Tengku. (*)

Editor: Roelan