Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Pendidikan Batam akan Bangun 100 RKB di 2014
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 13-01-2014 | 15:00 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan Batam berencana akan membangun 100 Ruang Kelas Baru (RKB) untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di 2014. Hal ini dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah calon siswa yang akan masuk SD tahun ini.

"Tahun lalu jumlah penerimaan siswa baru yang akan masuk SD mencapai 13 ribu siswa untuk tahun 2014 diprediksi mencapai 15 ribu hal tersebut berdasarkan pertumbuhan masyarakat Kota Batam. Kami optimis pembangunan 100 RKB itu akan mampu menjawab persoalan," ujar Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Batam, Senin (13/1/2014).

Namun demikian wancana Disdik masih menghitung jumlah ruang kelas baru yang akan dibangun mengingat belum bisa diprediksikan anggaran dari APBD Batam yang akan turun.

"Pembangunan ruang kelas baru ini difokuskan untuk SD dan SMP dikarenakan pendidikan dasar dan tidak boleh ada kendala sehingga usia wajib belar siswa tidak terhenti. Sementara tingkat SMA kita sudah sampaikan ke Provinsi untuk pengadaan RKB," katanya.

Selain membangun RKB di tahun 2014, Disdik Batam juga mengusulkan pembangunan lima gedung sekolah baru di daerah Botania, SD dan SMP di Tanjungungcang, Perumahan Tunas Regensi dan tingkat SD di Tiban. Namun rencana itu masih menunggu persetujuan Dinas Tata Kota Batam.

"Kita membangun ruang kelas baru dan mengusulkan membangun sekolah baru dikarenakan pertumbuhan Kota Batam sangat cepat angka kelahiran tahun modern ini sangat berbeda di jaman dulu," pungkasnya.

Editor: Dodo