Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebagian Besar Kepala Sekolah di Daik Lingga Cuma Pelaksana Tugas
Oleh : Habibi
Senin | 13-01-2014 | 12:37 WIB
muhammad_dali.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Lingga, Muhammad Dali.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN), sebagian besar sekolah di Daik, Kabupaten Lingga, masih dipimpin pelaksana tugas kepala sekolah. Bahkan disebut, sebagian besar sekolah di ibu kota kabupaten itu tak memiliki guru PNS.


Kondisi tersebut diungkapkan Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Lingga, Muhammad Dali, kepada BATAMTODAY.COM.

"Memang kita sangat tidak mengerti mengapa pendidikan di tempat kita seperti ini. Memang, dukungan pemerintah untuk sarana dan prasarana sekolah sangat baik, tapi inilah kalau sarana baik tapi guru tidak ada, ya percuma juga. Kepala sekolahnya juga hanya Plt, jadi tidak bisa bergerak leluasa. Mudah-mudahan saja penandatanganan ijazah oleh kepala sekolah yang berstatus Plt diperbolehkan," kata Dali melalui telepon.

Kondisi SMK Peternakan dan SMK Negeri 2 Lingga pun senasib, ungkap Dali.

"SMKN 2 itu sudahlah menumpang, guru bidang keahlian juga hanya honorer komite. Kepala sekolahnya juga Plt. Sulit memang, tapi harus berjalan. Jadi mereka menggunakan ilmu 'pandai-pandai', saja asal anak mendapatkan pendidikan sesuai dengan pilihan mereka," papar Dali. 

Dali mengatakan, masyarakat di Daik berharap pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Akan tetapi kita juga mengerti bahwa penerimaan guru belum ada. Dan mengenai Plt, kita juga berharap pemerintah cepat mengambil keputusan untuk melantik kepala sekolah hingga menjadi definitif," imbau Dali. (*)

Editor: Roelan