Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Status Permanen, Karyawan Hotel Goodway Siap Demo Selama Enam Bulan
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 11-01-2014 | 14:30 WIB
Goodway-Hotel-Batam.jpg Honda-Batam
Hotel Goodway, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan karyawan Hotel Goodway menggelar unjuk rasa menuntut status mereka dipermanenkan oleh pihak manajemen, Sabtu (11/1/2013). Aksi ini merupakan demo lanjutan karyawan namun masih mendapatkan jawaban dari manajemen hotel.


"Ada 21 karyawan yang menuntut status agar segera dipermanenkan manajemen," kata Ketua PK SBSI Hotel Goodway, Ali Imran kepada wartawan atas aksi unjuk rasa yang mereka gelar.

Padahal, karyawan menuntut hak mereka agar dapat dipermanenkan karena merupakan karyawan yang sudah bekerja di atas tiga tahun, dimana berdasarkan undang-undang bahwa pekerjaan yang dilaksanakan secara terus menerus berhak dipermanenkan oleh perusahaan.

"Tak ada itikad baik dari manajemen sampai saat ini, kami bukan hendak berunding lagi tapi minta keputusan atas tuntutan kami," jelasnya.

Karyawan yang menuntut hak mereka ini akan terus menggelar demo sampai waktu enam bulan ke depan, jika memang belum ada keputusan dari manajemen atas tuntutan ini.

"Tapi demo kami gelar hanya pada hari Sabtu saja," lanjutnya.

Langkah yang diambil karyawan dalam menuntut hak mereka tak berjalan mulus, sebab ada intimidasi yang dilakukan manajemen berupa peringatan keras dan menganggap unjuk rasa karyawan ilegal. "Demo kami ini dianggap ilegal," tegasnya.

Demo yang dilakukan karyawan Hotel Goodway ini mendapat dukungan dari pekerja lain, solidaritas ini datang dari sejumlah pekerja dari Tanjung Uncang, Muka Kuning dan serikat pekerja. Kasus ini sendiri sudah ditangani oleh Disnaker namun tetap belum ada hasil.

Sementara itu, DPRD Kota Batam juga turun tangan, dimana Komisi IV DPRD Batam pernah memanggil untuk hearing namun batal karena manajemen Hotel Goodway tak hadir dalam hearing.

"Tanggal 20 mendatang, DPRD Batam memanggil kami dan manajemen untuk hearing dalam menyelesaikan kasus ini," jelasnya.

Pada aksi kali ini, pekerja yang sedang melakukan unjuk rasa dan orasi sempat mendapat hadangan dari kelompok massa yang mendukung manajemen Hotel Goodway, namun keadaan aman terkendali berkat pengamanan aparat kepolisian dari Polsek Batu Ampar.

"Sempat ada sekelompok massa yang diduga dari manajemen yang menghadang tadi, tapi aman dan kami tak terpancing aksi itu," tutupnya.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah pihak manajemen Hotel Goodway masih belum bisa dikonfirmasi terkait unjuk rasa buruh. "Pihak HRD sudah saya hubungi, tapi mereka sedang rapat," kata Wendy Rantung, resepsionis Hotel Goodway.

Editor: Dodo