Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh SPAI FSPMI Batam Mogok Kerja di PT BBA
Oleh : Gokli
Rabu | 08-01-2014 | 10:16 WIB
demo BBA pagi.jpg Honda-Batam
Buruh PT BBA menggelar aksi mogok kerja.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar 600 buruh anggota Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) FSPMI Batam mogok kerja di PT Bintan Bersatu Apparel (BBA) Batam Center, Rabu (8/1/2014) pagi.

Ratusan buruh ini melakukan aksi mogok kerja lantaran pihak manajemen PT BBA dituding melanggar Perjanjian Bersama (PB) yang pernah disepakati antara perusahaan dengan buruh. Bahkan, PB tersebut juga sudah didaftarkan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Selain melanggar PB, informasi yang diperoleh dari para buruh anggota SPAI, mereka juga menuntut agar pihak perusahaan memberikan tindakan tegas terhadap oknum-oknum manajemen yang terlibat dalam tindak pengeroyokan. Dimana, oknum itu disebut sengaja mendatangkan pihak luar atau preman untuk menganiaya dua orang pengurus serikat SPAI di dalam perusahaan.

"Rencana mogok ini seharus mulai kemarin. Tapi, hari ini terpaksa kami mogok, karena manajemen tidak menunjukkan itikat baik terhadap buruh," kata Rahmad, sekretaris PUK SPAI FSPMI PT BBA.

Di lokasi PT BBA, ratusan buruh ini melangsungkan aksi mogok di luar gedung. Mereka terlihat berkumpul di bagaian halaman depan, menunggu ada upaya penyelesaian dari pihak Perusahaan.

Aksi mogok kerja itu, lanjut Rahmad, sesuai dengan surat pemberitahuan mereka kepada pihak manajemen akan berlangsung selama tiga bulan berturut-turut atau sampai dengan tuntutan mereka terpenuhi.

Editor: Dodo