Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurang Guru, Kepala SMK Peternakan Lingga Ngajar 16 Jam Per Pekan
Oleh : Habibi
Jum'at | 03-01-2014 | 16:22 WIB
kepsek tarigan.jpg Honda-Batam
Tarsim Tarigan, Kepala SMK Negeri Peternakan Lingga.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantaran kekurangan guru di Sekolah Menengah Kejuruasn Peternakan Negeri di Desa Kerandin, Daek Lingga, kepala SMKN tersebut, Tarsim Tarigan terpaksa harus mengajar 16 jam setiap pekannya. Idealnya, kepala sekolah hanya mengajar selama 6 jam per pekan.

Tarigan mengatakan permasalahan kekurangan guru memang belum dapat diatasi, sehingga dia harus mengajar selama 16 jam setiap pekannya. Bukan hanya mengajar bidang yang diketahuinya, melainkan bidang lain juga dia turut mengajar agar pembelajaran siswa dapat dipenuhi.

"16 jam itu saya tidak hanya mengajar matematika sesuai jurusan saya, tapi juga mengajar yang lain seperti fisika, kimia dan lain-lain. memang masalah kekurangan guru ini belum ada jalan keluarnya, kita sudah beberapa kali minta kepada pemerintah tapi tidak bisa juga, menunggu ada pengangkatan katanya," tutur Tarsim saat ditemui di rumahnya Jalan Tugu Pahlawan, Tanjungpinang, Jumat (3/1/2014).

Saat ini Tarsim juga berstatus pelaksana tugas (PLT) kepala di sekolah tersebut, sementara dia ditemai 7 guru yang berstatus guru tidak tetap dan guru honorer komite. Meskipun membantu namun diakui Tarsim tidak sama dengan guru yang benar-benar berstatus pegawai.

Tarsim mengaku pasrah menunggu kebijakan dari pemerintah, jika harus menunggu adanya penerimaan tenaga pegawai negeri sipil untuk guru, maka terpaksa hal tersebut akan dilakukan.

Editor: Dodo