Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lulusan SD Pun Jadi Guru PAUD di Bintan
Oleh : Roel
Sabtu | 28-12-2013 | 11:46 WIB
PAUD.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebagian besar guru lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bintan masih di bawah standar. Dari 365 guru, hanya lima orang yang berkualifikasi sarjana!

Hal itu diungkapkan anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Bintan, Suprapto, dalam rapat koordinasi Majelis Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan Dewan Pendidikan kabupaten/kota di Plaza Hotel Tanjungpinang, Jumat (27/12/2013) malam.

"Sekarang ini, (pertumbuhan) PAUD macam jamur di musim hujan. Pemerintah Pusat selalu mendengungkan dan menggalakkan agar daerah memperbanyak PAUD. Alhamdulillah, PAUD di Bintan sudah mencapai 75 persen. Tapi, itu tadi, cari guru PAUD yang sarjana susah sekali," ujar mantan Kabid Pendidikan Formal Nonformal dan Informal, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan ini.

"Di pulau-pulau terpencil, jangankan cari sarjana, cari lulusan SMP saja susah dicari. Malah terpaksa ada lulusan SD yang jadi guru PAUD. Tapi mau tak mau itu dilakukan, kalau tidak target dari pemerintah untuk memeratakan PAUD tak akan tercapai. Bahkan 10 persen pun tak akan tercapai," ungkap Suprapto.

Suprapto menambahkan, dengan kondisi yang demikian, masyarakat di Bintan sudah mulai tidak percaya dengan kualitas PAUD. "Bukan tak percaya dengan PAUD-nya, tapi mereka tak percaya dengan kualitas guru-gurunya yang jauh dari kompeten," terangnya. (*)