Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Ragam Nasi dan Kandungan Sehatnya
Oleh : Redaksi
Jum'at | 27-12-2013 | 15:26 WIB
nasi_merah.jpg Honda-Batam
Nasi merah. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM - Di Indonesia, beras adalah primadona. Masyarakatnya hampir tak bisa lepas dari bahan makanan pokok itu. Beras putih yang diolah menjadi nasi mengandung karbohidrat dan air sehingga bermanfaat menjadi sumber utama bagi tubuh.

Namun peneliti dari Harvard University menemukan, nasi putih memiliki risiko lebih besar terhadap diabetes tipe 2. Sementara itu penelitian lain juga menunjukkan, nasi merah memiliki lebih banyak serat dan dapat menurunkan risiko diabetes.

Sebenarnya beras organik tersedia dengan berbagai macam warna, tak hanya beras putih yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dan setengah populasi di dunia. Mengutip News Health, berikut berbagai jenis beras yang dapat dicoba, serta manfaatnya bagi kesehatan.

Nasi ungu dan nasi merah

Nasi ungu lebih sering dikenal dengan nasi hitam. Kedua jenis nasi ini mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada buah berry ataupun brokoli. Zat tersebut berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Tak hanya itu, nasi merah juga rendah kolesterol.

Nasi liar

Nasi liar atau wild rice juga dikenal sebagai Canada Rice atau Indian Rice. Berasnya dipanen melalui tanaman sejenis rumput yang bernama Zizania. Warnanya hitam, bentuknya lebih ramping dan panjang dari beras umumnya. Nasi ini mengandung kalium, magnesium, dan niacin 30 kali lebih banyak daripada nasi putih.

Nasi cokelat

Beras cokelat berasal dari gandum, lebih ringan dari beras putih, dan rasanya agak pedas. Nutrisi yang dikandung nasi cokelat juga lebih baik daripada nasi putih. Makanan ini dapat menurunkan risiko obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes.

Sumber: VIVAlife