Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

George Harrison Ternyata Pernah Tolak Gelar Kebangsawanan Inggris
Oleh : Redaksi
Kamis | 26-12-2013 | 10:42 WIB
George-Harrison-360.jpg Honda-Batam
George Harrison semasa hidupnya. (Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Mantan gitaris The Beatles, mendiang George Harrison baru-baru ini baru diketahui secara luas bahwa dirinya pernah menolak gelar bangsawan Inggris, Officer of the Most Excellent Order of the British Empire (OBE), sebelum wafat pada 2001 lalu.

Berita ini diungkapkan oleh The Mail on Sunday, bahwa gelar OBE ini sebelumnya direkomendasikan bagi Harrison oleh Departemen Budaya, Media dan Olahraga.

"Dia adalah anggota dari band yang dikatakan oleh banyak orang sebagai band yang pernah lahir di Inggris, dan mungkin terbaik di dunia, The Beatles," kutipnya.

Selain itu ada pula pernyataan dari kenalan Harrison, seorang wartawan bernama Ray Connolly, yang mengatakan bahwa Harrison tidak terlalu senang diberi gelar OBE ketika rekan satu bandnya, Paul McCartney bahkan sudah mencapai gelar yang lebih tinggi lagi.

"Siapapun yang memutuskan untuk memberi gelar OBE dan bukan ksatria, itu sangatlah sensitif," imbuh Connolly. "George akan merasa terhina - dan dengan alasan yang sangat bagus," tambahnya.

Serupa dengan Harrison, mantan personil The Beatles lainnya, John Lennon juga sempat mempermasalahkan gelar bangsawan Inggris yang diterimanya. Pada 1969, Lennon mengembalikan gelar Member of the Most Excellent Order of the British Empire (MBE) sebagai bentuk protes keterlibatan Inggris di perang Vietnam.

"Yang Mulia,
Saya mengembalikan gelar MBE saya sebagai protes terhadap keterlibatan Inggris di kasus Nigeria-Biafra, melawan dukungan kita kepada Amerika di Vietnam serta melawan 'Cold Turkey' yang turun dari tangga lagu.

Dengan cinta.

John Lennon," demikian tulis Lennon pada 1969.

Sumber: Rolling Stone