Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Huracan, Besutan Terbaru Lamborghini
Oleh : Redaksi
Senin | 23-12-2013 | 15:51 WIB

BATAMTODAY.COM, Milan - Produsen mobil Italia, Automobili Lamborghini, pada Jumat kemarin meluncurkan kendaraan mobil sport mewah, Huracan LP 610-4. Mobil berbodi serat karbon dan aluminium ini akan menjadi penerus model Gallardo di pasar mobil sport mewah yang semakin ketat.

Lamborghini, brand milik Audi (anak usaha Volkswagen), menghadapi persaingan sengit dari para rival di Eropa. Mereka berhasrat mengeruk laba dari besarnya permintaan akan mobil canggih seharga lebih dari 100 ribu euro, dengan Amerika Serikat dan Cina sebagai pasar terbesar.

"(Kendaraan) supercanggih terus mengalami kenaikan jumlah dan harga," ujar analis PwC Autofacts, Michael Gartside. "Orang menginginkan ekslusivitas. Hal itu tak ada pada (produk) lainnya."

Mobil sekelas Huracan akan semakin eksklusif, karena badan regulator di negara-negara pasar utama mendesak adanya kendaraan dengan emisi karbon lebih rendah. Seiring dengan kian maraknya produksi massal mobil berkapasitas mesin kecil atau bersistem baterai, kendaraan seperti Huracan -bermesin V-10 dengan kapasitas 5,2 liter dan berkecepatan puncak di atas 300 km per jam- akan kian terlihat eksotis.

Huracan, kata bahasa Spanyol yang berarti angin ribut, diberi nama seperti seekor banteng ternama dalam sejarah matador Spanyol. Mobil ini memiliki sistem baru untuk injeksi bahan bakar, sehingga memberikan tenaga dan torsi lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar relatif rendah. Huracan menggantikan Gallardo, varian Lamborghini yang popularitasnya paling melejit dan tak lagi diproduksi pada November setelah 10 tahun.

Saat memasuki pasar tahun depan, Huracan tak hanya akan meladeni musuh bebuyutannya, yakni Ferrari (anak usaha Fiat), tapi juga McLaren Automotive asal Inggris yang tahun ini akan meluncurkan model ketiga. Lamborghini pun akan bersaing dengan Aston Martin Lagonda, yang merencanakan ekspansi setelah mendapat suntikan dana dari pemilik saham baru.

Para produsen mobil sport mewah juga harus menghadapi kemajuan teknologi yang berpotensi merombak bentang pasar. Mobil listrik Tesla Motors, contohnya, telah menjadi kendaraan alternatif bagi kendaraan super yang boros bahan bakar.

BMW pun telah menyiapkan seri i8 berbodi serat karbon yang rencananya dihargai lebih dari $100.000.

Pasar kendaraan sport mewah ini sebetulnya relatif kecil, dengan total penjualan 15 ribu unit pada 2012 di Cina, Eropa, dan Amerika Serikat, demikian keterangan firma riset Jato Dynamics.

Lamborghini menjual 2.083 kendaraan pada tahun itu dengan turnover mencapai €469 juta. Harga rata-rata satu unit Lamborghini adalah antara €150.000 hingga €300.000. Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai harga Huracan. (*)

Sumber: The Wall Street Journal