Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2014, UN SD Berubah Jadi Ujian Sekolah
Oleh : Habibi
Rabu | 11-12-2013 | 10:40 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SD/MI akan tetap dilaksanakan pada tahun depan. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang membahas tentang UN yang akan diubah menjadi ujian sekolah (US).

"Saat ini sedang dibahas. Kemungkinan besar hanya diubah nama saja, sedangkan sistemnya sama. Nanti namanya akan berubah menjadi ujian sekolah dan madrasah (USM). Jadi, bukan dihapus," kata Atmadinata, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (11/12/2013).

Mengenai soal ujian pun masih sama, yaitu 75 persen dari daerah dan 25 persen dari pemerintah pusat. 

"Pemerintah pusat meminta 25 persen karena untuk pemetaan mereka. Terkait kelulusan kemungkinan tidak ada yang tidak lulus," ujar Atmadinata. 

Kendati demikian, imbuh Atmadinata, keputusan mengenai USM itu belum final. "Kepastian tanggal pelaksanaan pun belum ditentukan oleh Kemendikbud," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Dadang Sudiyarto, mengatakan, pada tahun depan tidak ada lagi ujian berstandar nasional untuk SD, tetapi diselenggarakan ujian sekolah/madrasah.  

"Ujian ini mencakup SD, SDLB, dan Paket," paparnya.

Ia menyebutkan, ujian sekolah/madrasah SD/SDLB/MI/Paket A/Ula dilaksanakan pada 19 - 21 Mei 2014. Adapun mata pelajaran yang diujikan yaitu matematika, bahasa Indonesia, dan IPA untuk SD/MI dan bahasa Indonesia, matematika, IPS, dan PKN untuk SDLB. 

"Sebanyak 25 persen kisi-kisi soal dari pemerintah pusat, dan 75 persen dari satuan pendidikan berkoordinasi dengan kabupaten/kota," ungkap Dadang. (*)

Editor: Dodo