Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Vokalis U2 Mengenang Nelson Mandela
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-12-2013 | 12:11 WIB
Mandela_Bono_360.jpg Honda-Batam
Nelson Mandela dan Bono.(Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Pentolan U2, Bono, menulis sebuah esai dalam rangka mengenang wafatnya mantan presiden Afrika Selatan sekaligus tokoh anti-perbedaan ras, Nelson Mandela.

Bono telah lama bekerja sama dengan Mandela untuk mengakhiri kemiskinan di Afrika, dan baru-baru ini, U2 bahkan menyumbangkan lagu terbaru mereka "Ordinary Love" untuk film biopic terbaru berjudul Mandela: Long Walk to Freedom, yang diperankan oleh Idris Elba.

Dalam tulisannya yang dimuat oleh Time, Bono memuji pemimpin Afrika Selatan itu dalam melawan kemiskinan global. "Mandela melihat kemiskinan sebagai manifestasi dari perjuangan yang sama. 'Jutaan manusia…terperangkap di dalam penjara kemiskinan. Sudah saatnya untuk membebaskan mereka.' sebutnya pada 2005. 'Seperti perbudakan dan perbedaan ras, kemiskinan bukanlah hal yang alami. Itu adalah buatan manusia dan bisa diatasi… Terkadang ini menjadi tanggung jawab sebuah generasi untuk menjadi hebat. Anda bisa menjadi generasi hebat tersebut'."

Ia melanjutkan: "Tanpa Mandela, apakah Afrika akan merasakan dekade terbaiknya dalam kemajuan dan pengurangan kemiskinan? Kepentingan dirinya tidak bisa dibuktikan oleh matematika atau ukuran, tapi saya tahu apa yang saya percaya."

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengatakan dalam pidato yang disiarkan ke seluruh dunia bahwa Mandela, "mencapai lebih banyak dari apa yang bisa diharapkan dari seseorang selama hidupnya."

Penyebab kematian Nelson Mandela masih belum diketahui secara resmi, namun menurut New York Times, ia sedang berjuang mengalahkan penyakit Pneumonia dan penyakit paru-paru lainnya dalam enam bulan terakhir.

Sumber: Rolling Stone