Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Caleg Demokrat Diduga Dompleng Kegiatan Reses, Anggota DPRD Bintan Larang Panwas Ambil Foto
Oleh : Harjo
Rabu | 04-12-2013 | 16:29 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Agus Sriyanto, anggota DPRD Bintan, melarang anggota pengawas lapangan Panwaslu untuk mengambil gambar kegiatan resesnya di Kampung Kamboja, Kelurahan Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (3/12/2013) malam. Padahal, pada kegiatan itu ada calon anggota legislatif (caleg) nomor 7 dari Partai Demokrat, Bani Suparti, yang tak lain adalah istrinya sendiri, diduga ikut mendompleng sosialisasi.

Avrian Wibowo, anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Panwascam Bintan Utara mengatakan, kedatangan dirinya pada kegiatan tersebut karena ditengarai adanya seorang caleg yang diduga turut melakukan sosialisasi.

"Karena ada caleg dalam acara tersebut, makanya kami berusaha mengambil foto. Tanpa alasan jelas, dia (Agus Sriyanto, red) berteriak dan mengatakan ini acara reses saya dan jangan diambil foto," ujar Bowo, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (4/12/2013), menirukan kata-kata anggota dewan Bintan tersebut.

Hal yang sama disampaikan Bena Ulino anggota PPL lainnya. Dia menduga, dengan adanya larangan tersebut menguatkan dugaan jika sang istri ikut "mendompleng" suaminya dalam melakukan sosialisasi. Artinya, kata dia, caleg tersebut sudah ikut menggunakan anggaran APBD karena keikutsertaaanya dalam acara sosialisasi dan reses anggota dewan.

"Caleg dan anggota dewan melakukan acara sosialisasi di tempat yang sama dan melarang masyarakat mengabadikan gambar. Artinya sudah ada yang coba ditutupi dalam kegiatan tersebut," duga dia.

Bani Suparti, yang dihubungi, mengaku jika dirinya melakukan sosialisasi dan dalam acara reses anggota dewan tersebut masih berada di lokasi yang dilakukan oleh suaminya. "Saya memang ada di lokasi, tetapi acara sosialisasi sudah siap dan itu beda acaranya," ujarnya.

Ditanya masalah keterkaitan dengan kegiatan reses  yang menggunakan anggaran APBD dan sosialisasinya, Bani mengaku tidak mengerti masalah tersebut. "Kalau masalah itu, saya tidak paham. Coba tanya saja dengan Pak Agus yang melakukan reses," terangnya.

Agus Sriyanto, anggota DPRD Bintan, yang dihubungi terpisah, membenarkan jika dia melarang warga yang mengambil foto kegiatan reses yang dilaksanakannya. Menurutnya, siapapun yang ingin mendokumentasikan acara reses harus minta izin terlebih dahulu.

Ditanya masalah keberadaan caleg dalam acara reses dengan massa dan konstituen yang sama, Agus balik bertanya. "Apa salah kalau caleg selaku istri mendampingi suami dalam acara reses? Karena acara sosialisasi sudah selesai," tukas legislator dari Partai Patriot ini. (*)

Editor: Dodo