Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Melirik Calon Suzuki Jimny Generasi Baru
Oleh : Redaksi
Rabu | 04-12-2013 | 10:53 WIB
suzuki-x-lander_600x0w.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suzuki X-Lander. (Foto: Topspeed)

BATAMTODAY.COM - Suzuki Jimny begitu melegenda di Indonesia, terlebih di kalangan off-roader. Sampai sekarang, jip buatan Jepang itu, mulai dari model lawas LJ80 sampai SJ413, masih ikut menaklukkan medan off-road di Tanah Air.

Bagi penyuka Jimny, ada kabar baik dari Jepang. Tahun depan, prinsipal Suzuki Jepang akan meluncurkan generasi baru Jimny. Konsepnya sudah dipamerkan pada Tokyo Motor Show, kemarin (20 November-1 Desember 2013) yang mereka namakan Suzuki X-Lander (Cross Lander).

Menurut orang-orang Suzuki di pabrik Hamamatsu bahwa studi rancangan tetap didasarkan pada Jimny. Meski tampilan tidak seperti JB43 yang lebih berkarakter. Justru X-Lander lebih mirip dengan konsep Crosshiker yang memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Informasi lain - mungkin ini akan membuat kurang gairah pencinta Jimny - bahwa X-Lander akan digerakkan oleh teknologi hybrid, kombinasi mesin bensin 1.242 cc empat silinder Dual-Jet dengan motor listrik tunggal. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual ke gerak empat roda (4WD) yang secara otomatis dikendalikan.

Kendati model konvertibel, seluruh kabin menggunakan bahan tahan air. Jok model sport yang dirancang khusus untuk medan kasar. Sehingga, badan pun tidak akan terombang-ambing saat melintasi genangan air atau kala hujan.

Asyiknya lagi, kondisi jalan di depan dan sisi kiri dan kanan dapat terpantau melalui layar lantaran terdapat tiga kamera. Satu unit terpasang di depan, dua lagi di kedua sisi.Tak cuma itu, juga ada satu kamera khusus malam dengan fungsi ganda. Selain memantau kondisi jalan, juga bisa untuk merekam.

Sumber: mobil.otomotifnet.com