Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Berunjuk Rasa, Perusahaan di Tanjunguncang Batam Memilih Tutup
Oleh : Berton Siregar
Senin | 02-12-2013 | 14:53 WIB
DSC_0098.jpg Honda-Batam
Salah satu perushaan dil kawasan Industri Bintang tutup hari ini. 

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah perusahaan yang berada di Tanjunguncang memilih untuk tidak beroperasi. Tindakan itu diduga dilakukan menyusul aksi unjuk rasa yang dilakukan buruh yang menuntut perbaikan upah sektoral, Senin (2/12/2013) pagi tadi.

Pantauan BATAMTODAY.COM, di kawasan Bintang Industri, Latrade Industrial Park, dan sejumlah perusahaan lainnya, nyaris tak ada aktivitas pekerja, hanya petugas sekuriti yang berjaga di balik pintu gerbang yang dikunci rapat.

"Banyak yang tutup, Bang," ujar Olo Purba, petugas sekuriti kawasan Bintang tersebut.

Sementara hingga berita ini diunggah, puluhan polisi masih berjaga di sejumlah kawasan di Tanjunguncang, seperti di kawasan Latrade Industrial Park. Kendaraan milik aparat juga masih tampak siaga di situ. 

"Kita tunggu pendemo pulang dulu, Bang, kita akan tetap jaga di sini," ujar salah seorang anggota polisi yang siaga di situ.

Hari ini, ribuan buruh dari kawasan industri yang berada di Tanjunguncang dan sekitarnya melakukan aksi demo ke kantor Wali Kota Batam untuk menuntut perbaikan upah minimum sektoral yang telah disahkan Gubernur Kepri. (*)

Editor: Dodo