Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Depan, Kepri Tetap Laksanakan UN untuk SD
Oleh : Redaksi
Senin | 25-11-2013 | 19:13 WIB
download_(1).jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kepri, Atmadinata.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tetap akan melaksanakan ujian nasional (UN) untuk SD pada tahun 2014 mendatang, meskipun pelaksanaannya secara nasional telah ditiadakan. 

"Sebenarnya, UN untuk SD masih ada tapi tidak diselenggarakan oleh BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan) seperti halnya UN SMP dan SMA," kata Atmadinata, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, yang dihubungi BATAMTODAY.COM, Senin (25/11/2013).

Dia mengakui, pemerintah memang telah meniadakan penyelenggaraan UN SD secara nasional. Pelaksanaanya diselenggarakan oleh provinsi.

"Nanti, pada tanggal 1 Desember akan dibahas khusus UN untuk SD," terang Atmadinata, yang mengaku sedang berada di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, pemerintah meniadakan UN untuk SD pada tahun 2014 mendatang karena  berkaitan dengan berlangsungnya pemilihan umum (pemilu).  Pemerintah menyerahkan pelaksanaan ujian bagi SD kepada pihak provinsi.

"Meskipun dilaksanakan di provinsi, tetapi standar nasional naskah soal UN tetap dijaga," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, di sela-sela meninjau implementasi Kurikulum 2013 di sejumlah sekolah di Bali, Sabtu (23/11/2013) kemarin.

"Kami tetap memberikan beberapa soal kunci sebagai bentuk standarnya. Kenapa penting? karena nanti kalau tidak ada standarnya begitu anak pindah dari satu provinsi ke provinsi lain kalau tidak memiliki standar yang sama justru akan menjadi persoalan di belakang hari," katanya.

Sedang UN SMP/MTs dan SMA/MA/SMK tahun depan akan diselenggarakan pada bulan April seusai pemilu. (*)

Editor: Dodo