Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dadang Meradang Hari Guru Diisi Lomba, Bukan Belajar
Oleh : Habibi
Senin | 25-11-2013 | 12:12 WIB
dadang-kadisdik-pinang.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG meradang dan mengaku sangat tidak setuju dengan sikap sekolah yang memilih mengadakan kegiatan perlombaan di hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Senin (25/11/2013).

Dadang mengaku tidak ada surat edaran ataupun izin dari dia untuk melakukan hal tersebut, akan tetapi sebagian besar sekolah yang ada di Tanjungpinang malah melakukan kegiatan perlombaan di sekolah, bukan belajar.

"Saya tidak pernah memberikan surat edaran atau izin mengenai hal itu, memang ini HUT PGRI tapi bukan hari libur, kebetulan saya sedang diklat di Jakarta, saya akan meminta sekretaris dan pengawas untuk memonitor hal tersebut," ujar Dadang dalam pesan singkat yang dilayangkan kepada wartawan.

Dari pantauan wartawan, memang banyak sekolah yang melakukan perlombaan, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Semkolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Tanjungpinang.

Terkait hal tersebut, wartawan menjumpai Kepala SMA Negeri 1 Tanjungpinang yang sekaligus ketua PGRi Tanjungpinang, Imam Syafei. Dia mengakui memang di hari ulang tahun PGRi ini banyak sekolah yang melakukan kegiatan perlombaan, termasuk di SMAN 1 Tanjungpinang. Namun dia beralibi bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan oleh siswa, sebagai bentuk apresiasi siswa kepada guru.

"Perlombaan ini juga termasuk pembelajaran, kan belajar tidak mesti di kelas," ujar Imam saat ditemui di sekolahnya.

Kegiatan sekali setahun tersebut menurut Imam juga mengajarkan bagaimana bentuk menghormati dan paling utama menjalin persatuan dan kekompakan antar siswa dan guru.

Editor: Dodo