Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Limbah Plastik dan B3 Berserakan di Lokasi PT Citra Plasindo Batam
Oleh : Gokli
Sabtu | 23-11-2013 | 14:24 WIB
watermarked-limbah_b3_ampar.jpg Honda-Batam
Tumpukan limbah plastik dan B3 di PT Citra Plasindo.

BATAMTODAY.COM, Batam - Salah satu gudang di daerah Batu Ampar yang merupakan milik PT Citra Plasindo Batam, diduga melakukan penimbunan limbah plastik dan diduga B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Limbah tersebut dibiarkan berserakan hingga ke bahu jalan di sekeliling gudang.

Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, gudang tersebut sudah lama menjadi tempat penimbunan limbah. Bahan-bahan bekas yang dapat mengganggu lingkungan itu sebagain besar diperoleh dari salah satu industri milik asing di Kawasan Kabil.

Menyikapi penimbunan limbah ini, Wibowo, Ketua LSM Green and Clean Batam mendesak Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Kota Batam segera melakukan tindakan. Sebab, tumpukan limbah akan menimbulkan efek buruh bagi lingkungan.

"Bapedal Batam akan kita surati terkait penimbunan limbah di gudang itu," katanya, Sabtu (23/11/2013) siang, di lokasi.

Menurut Wibobo, limbah plastik itu sebagian akan diolah kembali oleh pemilik perusahaan. Sementara limbah B3 yang ditumpuk itu hanya persinggahan sementara yang akan dikirim ke luar.

"Kuat dugaan kita, gudang ini lakukan penimbunan ilegal. Kalau itu resmi, kenapa bukan di Kabil. Belum ada ceritanya di Batu Ampar tempat penimbunan limbah," tandasnya.


Hingga berita ini diunggah, belum diperoleh tanggapan dari pihak PT Citra Plasindo Batam. Sejumlah karyawan perusahaan penimbunan limbah itu tak bersedia memberikan komentar.

Editor: Dodo