Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tindak Lanjut PHK 61 Karyawan, Bupati Karimun Janjikan Lobi PT KDH
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 15-11-2013 | 18:15 WIB
mediasi_buruh_karimun.jpg Honda-Batam
Suasana mediasi sengketa antara 61 karyawan yang di-PHK dengan pihak manajemen PT KDH di Kantor Bupati Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun -Jelang penyelesaian sengketa antara 61 karyawan yang di-PHK dengan pihak manajemen PT KDH di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Bupati Karimun secara pribadi berjanji melakukan upaya pendekatan agar kasus itu diselesaikan secara musyawarah.

"Kalau saya diminta membuat sebuah kebijakan sekarang ini, nanti saya disalahkan semua pihak. Sebab kalau sudah begini, seperti benang kusut jadinya," ujar Bupati Karimun, Nurdin Basirun pada acara advokasi 21 karyawan permanen dan 40 pekerja Perjanjian Waktu Tertentu (PKWT) yang di-PHK dengan manajemen PT Kawasan Dinamika Harmonitama (KDH), Jumat (15/11/2013) di ruang pertemuan Kantor Bupati Karimun.

Kendati di antara kedua belah pihak tidak satupun yang mengalah, sehingga harus menempuh jalur hukum di PHI, namun secara pribadi, Bupati Karimun tetap berupaya melakukan pendekatan ke PT KDH. Hal itu dilakukan Bupati karena dirinya merasa sebagai bagian dari buruh tersebut.

"Saya tidak menghalangi proses hukum yang mau dijalankan. Sebab hanya pengadilanlah yang berhak menyatakan siapa yang benar ataupun yang salah nantinya," terang Nurdin.

Bupati berharap agar kedepannya, karyawan dan pekerja di Kabupaten Karimun ini seperti ikan dan air yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Bahkan penyelesaian sengketa  itu paling enak kalau diselesaikan dengan jalan duduk bersama melalui musyawarah untuk mengambil sebuah keputusan.

"Upaya saya selaku orang tua, akan saya coba membicarakannya kembali ke perusahaan," terangnya singkat.

Pantauan BATAMTODAY.COM, pada pertemuan yang difasilitasi Pemkab Karimun tersebut dihadiri kedua belah pihak. Jika PT KDH diwakili pihak manajemen dan kuasa hukumnya, maka pihak karyawan diwakili Ketua SPAI FSPMI Kabupaten Karimun, Muhammad Fajar.

Sementara dari sisi pengamanan, Kapolsek Meral, AKP Afdal beserta beberapa personelnya, turut serta menyaksikan acara tersebut.

Editor: Dodo