Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Hinterland Batam Belum Paham tentang PAUD
Oleh : Habib
Kamis | 07-11-2013 | 09:01 WIB
PAUD.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pentingnya pendidikan anak sejak dini belum tersosialisasi dengan baik di kawasan hinterland. Seperti di Desa Karas, Kecamatan Galang, Kota Batam, tidak sedikit orang tua yang tak mengerti tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Pendidikan Al Quran (TPA).

"Saya pernah dengar tapi tidak tahu bagaimana bisa buat anak pintar dengan masuk ke sekolah itu (PAUD)? Apa seperti sekolah TK gitu, ya?" kata Badriah, warga Desa Karas kepada BATAMTODAY.COM saat berkunjung ke desa itu, kemarin.

Badriah dan ibu-ibu rumah tangga yang notabene memiliki anak kecil mengaku tidak tahu tentang pentingnya PAUD bagi pendidikan karakter anak. Sementara yang mereka tahu hanyalah jika anak sudah cukup umur maka langsung dimasukkan ke sekolah dasar (SD).

"Dulu di sini ada tempat les untuk anak-anak yang belum sekolah, entah PAUD atau gimana tidak tahu. Anak saya ikut, tapi mereka diajarkan menulis, berhitung dan membaca," tutur Roziana, yang juga merupakan warga Kampung Padang, Desa Karas.

Warga bahkan meminta BATAMTODAY.COM untuk mengajarkan mereka bagaimana membentuk PAUD tersebut dan bagaimana sistem pembelajarannya. Hal tersebut dikarenakan mereka memang benar-benar belum mengerti dan mengetahui tentang PAUD. (*)

Editor: Dodo