Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Massa Buruh Sweeping Puri Industrial Park Batam Centre
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 06-11-2013 | 13:11 WIB
watermarked-IMG00770-20131106-1210.jpg Honda-Batam
Massa buruh seusai sweeping di kawasan Puri Industrial Park 2000, siang ini.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Batam menggelar aksi sweeping di kawasan Puri Industrial Park 2000, Batam Centre, Rabu (6/11/2013) sekitar pukul 11.30 WIB. Mereka meminta managemen meliburkan karyawannya yang masih bekerja di kawasan tersebut.

Perwakilan massa buruh ini kemudian sempat melakukan pertemuan dengan manajemen PT Panasonic Industrial Devices Batam. Dari hasil negosiasi akhirnya manajemen meliburkan karyawan mereka untuk bergabung dengan massa buruh lain untuk mengawal penetapan UMK Kota Batam tahun 2014.

"Ada lima orang perwakilan massa buruh bertemu dengan manajemen perusahaan untuk melakukan negosiasi. Akhirnya karyawan diliburkan untuk bergabung dengan massa buruh lain dalam demo hari ini," kata Hari, salah seorang karyawan PT Panasonic Industrial Devices Batam.

Mendapatkan izin libur dari manajemen, ratusan pekerja PT Panasonic Industrial Devices Batam kemudian bersama massa buruh lain menggelar konvoi ke Kantor Wali Kota Batam untuk bergabung dengan rekan-rekan buruh yang sudah ada di sana untuk mengawal penetapan UMK 2014.

Pantauan BATAMTODAY.COM, ribuan massa buruh tampak menggelar konvoi dari kawasan kawasan Puri Industrial Park 2000 Batam Centre menuju Kantor Wali Kota Batam. Konvoi ini berlangsung tertib dengan pengawalan dari aparat kepolisian.

Sementara itu, penjagaan ketat dari aparat kepolisian dan TNI AD tampak terlihat di kawasan Puri Industrial Park 2000 Batam Centre untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan terjadi. (*)

Editor: Dodo