Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Buruh KSPSI dan KSBSI Desak UMK Ditetapkan Sebelum Dzuhur
Oleh : Gokli
Rabu | 06-11-2013 | 12:02 WIB
aksi_611_joget.jpg Honda-Batam
Demo buruh mengawal penetapan UMK 2014 di depan Kantor Wali Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan massa buruh anggota Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan anggota Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) di depan Gedung Pemko Batam mendesak ditetapkannya UMK Batam tahun 2014, sebelum Dzuhur, Rabu (6/11/2013) siang.

Selain melakukan pengawalan pembahasan UMK terakhir di Kantor Wali Kota Batam, para buruh ini juga meminta UMK yang layak tidak hanya sekedar cukup makan. Bahkan, setelah UMK ditetapkan, pemerintah juga diminta untuk mengontrol harga sembako.

Masmur Siahaan, Ketua SBSI Batam, mengatakan buruh di Batam menolak upah murah. Sehingga, UMK yang harus ditetapkan dapat untuk mencukupi kebutuhan buruh dan tidak hanya sekedar cukup makan.

Ditambahkannya, buruh juga meminta kepada Pemerintah untuk menyiapkan angkutan murah dari pemukiman buruh ke tempat kerja.

"UMK Batam tahun 2014 harus dapat mencukupi kebutuhan buruh, tidak sekedar cukup makan," kata dia.

Sampai dengan saat ini, pembahasan UMK oleh Dewan Pengupahan Kota (DPK) masih berlangsung di Kantor Wali Kota Batam. Terkait berapa nilai UMK yang akan ditetapkan belum ada informasi yang diperoleh dari DPK.

Editor: Dodo