Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hanya Mampu Naikkan Upah 10 Persen

Apindo Karimun Minta Buruh Pahami Kemampuan Pengusaha
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 02-11-2013 | 18:17 WIB
Ketua_APINDO_Karimun,_Dwi_Untung.jpg Honda-Batam
Ketua Apindo Karimun, Dwi Untung.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karimun meminta agar pekerja tidak terlalu memaksakan diri, meminta kenaikan upah hingga 50 persen. Sebab pengusaha hanya mampu menaikkan gaji karyawan sebesar 10 persen saja.

"Kasihanlah sama pengusaha. Jangan terlalu memaksakan diri, sebab kami hanya mampu menaikkan upah itu 10 persen saja," ujar Ketua Apindo Karimun, Dwi Untung, kepada BATAMTODAY.COM, di sela acara pembukaan BPR Central Kepri Cabang Tanjung Balai Karimun, Sabtu (2/11/2013).

Menurutnya, bisnis yang digeluti pengusaha sekarang ini sedang melemah. Sehingga tuntutan aksi mogok nasional FSPMI kemarin, membuat pengusaha secara nasional semakin was-was.

"Kalau nanti tidak ada lagi yang mau usaha, akibatnya tentu kurang baik. Pengangguran akan bermunculan di mana-mana," terangnya.

Dampak negatif ini, ujar pria yang akrab disapa Chun Heng itu, juga harus menjadi pertimbangan para pekerja. Sebab, di semua lini dan sendi sosial masyarakat, akan bergeser dengan sendirinya.

"Tentu angka kriminalitas juga akan semakin tinggi. Dan itu terjadi akibat tuntutan kehidupan, baik di lingkungan keluarga maupun di tengah masyarakat," terangnya.

Maka dari itu, Chun Heng sekali lagi memohon agar karyawan merasa kasihan terhadap para pengusaha serta.

"Saya minta agar dewan pengupahan melakukan riset serta analisa mendalam sebelum menetapkan UMK," pintanya.

Editor: Dodo