Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh Gelar Unjuk Rasa di Depan Pos 1 Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 31-10-2013 | 08:47 WIB
watermarked-IMG-20131031-00972.jpg Honda-Batam
Ratusan buruh yang tergabung dalam FSPMI menggelar unjuk rasa di depan Pos 1 Lobam, pagi tadi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Ratusan buruh dari Kawasan Industrial Bintan (KIB) Lobam yang tergabung di dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), menggelar unjuk rasa di depan Pos 1 KIB Lobam, mulai pukul 07.00 wib, hari ini, Kamis (31/10/2013).

Sebelum berunjuk rasa tersebut, enam perwakilan buruh sudah membuat kesepakatan dengan OKP dan ormas di Bintan Utara di Tanjunguban sekitar pukul 01.00 wib. Adapun perwakilan buruh yang membuat surat peryataan bersama dengan OKP dan ormas tersebut di antaranya Fauzi Fahmi, Sahat Mangasi, Eben Ezer, Paryono, Sambuana dan Budi S. Sementara dari pihak OKP dan ormas diwakili Raja Ali Akbar, Irwansyah, Darsono, Ramlan, Normansyah dan  M Idha.

Ada enam poin kesepakatan yang telah ditandatangani di antaranya, menyatakan buruh tidak akan mengadakan orasi di dalam Kawasan Industri Lobam (KIB) Lobam. Buruh hanya mengadakan orasi di luar Pos 1 Lobam dan hanya melakukan aksi damai.

Kedua, unjuk rasa hanya dilakukan hingga pukul 09.00 WIB. Ketiga, utusan buruh akan didampingi perwakilan OKP dan ormas menuju perundingan bersama pemerintah, sementara buruh akan menunggu hasil perundingan dengan tertib dan aman.

Ramlan, perwakilan lintas OKP dan ormas, yang juga ketua Pemuda Pancasila (PP) Bintan Utara,  menyampai, berdasarkan hasil kesepakatan dan implementasinya, buruh yang unjuk rasa di lapangan masih tetap komitmen dengan kesepakatan.

"Semoga hingga aksi berakhir, pengunjuk rasa tetap menjalankan aksinya dengan damai dan tertib," harapnya.

Pantauan di lapangan, para buruh yang pulang dan masuk kerja menuju KIB Lobam dan sebaliknya tetap berjalan lancar dan aman. Sementara ratusan buruh masih terus melakukan unjuk rasa dan menyampaikan orasi. (*)

Editor: Dodo