Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, Kemendikbud Rilis Cyberpreneur untuk SMK
Oleh : Habib
Rabu | 30-10-2013 | 15:52 WIB
watermarked-P1190130.jpg Honda-Batam
Kepala Disdikbud Kota Tanjungpinang, Dadang, saat menjajal aplikasi cyberpreneur di SMK Negeri 1 Tanjungpinang, hari ini.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Direktorat Pembinaan SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang bekerja sama dengan Genta Foundation, telah merilis peranti lunak aplikasi bernama Cyberpreneur. Melalui aplikasi tersebut, siswa SMK bisa menjual produk mereka secara online.


Sosialisasi dan uji coba aplikasi itu dilaksanakan mulai hari ini untuk seluruh Indonesia. Cyberpreneur ini merupakan program online yang bertujuan untuk tempat belajar, meminta saran, serta menjual barang dari hasil kreativitas siswa SMK se-Indonesia.

Program ini sendiri bebas diakses oleh setiap siswa SMK dan memang dikhususkan untuk siswa kejuruan. Melalui fitur video call, siswa dapat menjual dan mempromosikan barang kerajinan mareka kepada teman-teman dan sekolah di seluruh Indonesia secara bebas dan murah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tanjungpinang, Dadang, pun telah mencoba cyberpreneur ini di SMK Negeri 1 Tanjungpinang. Dadang mengaku program ini sangat bagus untuk mempermudah siswa dalam memperoleh ilmu baru dari luar serta mereka juga bisa berkonsultasi dengan pihak Genta Foundation dan dapat memasarkan hasli kreativitas mereka.

"Program ini sangat bagus sekali dan baru hari ini saya mengujinya. Terasa memang sangat dekat dan juga kita bisa langsung berkomunikasi dengan seluruh orang di Indonesia melalui program ini. Bagus untuk media pembelajaran siswa dan bisa memotivasi siswa agar bersaing dengan anak-anak di luar sana," kata Dadang kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (30/10/2013). 

Cyberpreneur ini merupakan pembelajaran entrupreneur secara online. Diharapkan dengan adanya program ini siswa SMK di Tanjungpinang dapat lebih meningkatkan kreativitas mereka dan ilmu mereka di bidang keterampilan.

Program ini dapat diakses di internet di alamat www.cyberpreneur.web.id/webseminar. (*)

Editor: Dodo