Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keripik 'Kotaku' Asal Penyengat, Bisa Diantar Sampai ke Rumah
Oleh : Habib
Selasa | 29-10-2013 | 11:19 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Masyarakat awam di Tanjungpinang mungkin masih ada yang belum mengenal keripik dengan merek "Kotaku". Padahal, pemasaran produk makanan asal Pulau Penyengat ini sudah tembus sampai ke sejumah daerah di Indonesia.


Yang menarik, produk rumahan berbahan baku singkong ini hasil kreasi anak-anak muda dari pulau bersejarah tersebut. Wajar jika masyarakat di Tanjungpinang sendiri masih belum banyak yang tahu karena mereka lebih banyak memasarkan produknya secara online.

Meskipun dipasarkan secara virtual, bukan berarti tak ada peminat. Justru sejak pertama dirilis sudah banyak yang memesan.

"Cita rasa keripik ini diracik dengan rasa yang istimewa yaitu chili roast beef yang tentunya tidak dimiliki oleh rasa keripik pada umumnya. Syukur alhamdulillah, meski sibuk dengan kuliah saya juga bisa membuat usaha kecil-kecilan dan mencari resep tersendiri untuk keripik buatan saya," ujar Maulana, "produsen" keripik "Kotaku".

Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) ini mengakui, untuk saat ini pemasarannya masih menerapkan sistem pesan antar (delivery). Untuk keripik yang dikemas ukuran 100 gram itu, Maulana menawarkan seharga Rp11.500, sudah termasuk ongkos kirim di sekitar wilayah Tanjungpinang.

"Tapi untuk luar kota harganya Rp15 ribu dan itu juga sudah termasuk ongkir (ongkos kirim). Hingga saat ini keripik 'Kotaku' sudah sampai ke Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, dan Batam," uar Maulana bangga. 

Memang, saat ini produksinya masih terbatas. Proses produksinya pun hanya dua kali dalam seminggu. Namun, omsetnya, sebut Maulana, sudah mencapai jutaan rupiah per bulan. 

Setiap produksi, Maulana harus menghabiskan bahan baku singkong sampai 200 kg. "Itu produksi rutin kami, dan memang kami membatasi jumlah produksi. Terkait permintaan memang sangat meningkat, tapi baru segitu yang kami bisa produksi," katanya.

"Untuk sekarang memang baru ada satu varian rasa, akan tetapi kita akan bereksperimen lagi agar keripik 'Kotaku' banyak varian rasanya," imbuh dia.

Dia mempromosikan, bagi siapa saja yang ingin melihat produk keripik "Kotaku", dapat langsung melihat di akun Facebook "Keripik Kotaku" dan twitter @keripikkotaku. "Untuk pemesanan langsung bisa langsung menghubungi marketing keripik 'Kotaku' di nomor 085668864066," ucap Maulana. (*)

Editor: Dodo