Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikhawatirkan akan 'Dibunuh' Ponsel Cerdas

10 Produk Berikut Akan Segera Punah
Oleh : sumantri
Jum'at | 29-04-2011 | 08:58 WIB
10_produk_yang_akan_dibunuh_Ponsel_Pintar.jpg Honda-Batam

Ilustrasi Berbagai Ponsel Cerdas/Pintar yang menjadi ancaman produk IT terdahulu semisal MP3 Players, Game Konsole Portable dll.

Batam, batamtoday - Lembaga survei dan penelitian produk IT, Coda Inc. memprediksikan akan terjadi 'kanibalisasi' produk IT, akibat pesatnya perkembangan ponsel cerdas di era digital saat ini. Rentang tahun 2010 - 2015, Coda Inc. menyodorkan fakta, lebih dari 2,5 miliar produk ponsel cerdas akan diserap pasar pada kurun waktu tersebut.

Hingga akhir Maret 2011, Coda Inc. mendata penjualan ponsel cerdas selama triwulan I tahun 2011 mengalami lonjakan signifikan hingga 24 persen. Ini juga didukung oleh hasil survei perusahaan riset pasar Gfk Asia yang menyebutkan 10 ponsel yang dibeli konsumen di Asia merupakan ponsel Cerdas/pintar. 

"Jumlah ponsel pintar yang dibeli oleh konsumen dibanyak benua Asia pada triwulan I tahun 2011, mengalami lonjakan 34,8 persen dibanding triwulan IV tahun 2010. Ini menunjukkan daya serap masyarakat terhadap produk berbasis IT tersebut sangat baik, akibatnya membuat produsen beberapa produk IT terdahulu merasa terancam," tutur Steve Martin, Direktur Swalayan produk IT terbesar di Los Angeles, seperti dikutip batamtoday, dari reuteurs edisi, Kamis malam, 28 April 2011.

Menurut pakar IT, kemajuan ponsel pintar memang menjadi ancaman serius bagi beberapa produk yang telah rilis sebelum ponsel pintar. Produk tersebut adalah MP3 Players, Konsol Game Portable, Kamer Digital Pocket, Alat Perekam Suara (Voice Recorder), GPS Portable, Personal Digital Assistant (PDA), Wristwatch, 411 Directory Assistance dan Paper Maps.