Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh di Lobam Berangkat ke Kantor Bupati Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 28-10-2013 | 10:34 WIB
mogok nasional lobam.jpg Honda-Batam
Para buruh beranjak dari Lobam menuju Kantor Bupati Bintan.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Setelah menggelar orasi sekitar dua jam di depan Pos 1 Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, ratusan buruh yang mayoritas karyawan PT AMC Lobam meninggalkan lokasi dan berangkat menuju Kantor Bupati Bintan untuk menyampaikan aspirasinya.

Hery Sugianto, perwakilan lintas OKP dan Ormas Bintan Utara kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan apa yang dilakukan oleh ratusan buruh memang sudah sesuai dengan kesepakatan .

"Mereka yang menyampaikan, bahwa orasi di depan Pos 1 Lobam hanya sampai pukul 09.00 WIB dan selanjutnya berangkat ke kantor Bupati Bintan. Untuk menyampaikan aspirasinya di sana," ungkapnya.

Sementara, Raja Ali Akbar kembali menghimbau kepada buruh untuk tetap konsisten dengan kesepakatan dan tidak melakukan perbuatan anarkis, apalagi sampai menganggu hak orang lain dalam menjalankan aktivitasnya.

"Kalau menuntut hak memang sepantasnya ke kantor pemerintah selaku pemegang kebijakan. Kalau melakukannya di sekitar tempat kerja selain menganggu aktivitas buruh. Itu sama artinya justru merusak tempat mencari nafkah sendiri," ujarnya.

Kedepan, kata Raja Ali, kepada semua buruh diharapkan untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban Bintan agar tetap kondusif. Kalau memang mau menyampaikan aspirasi hendaknya disesuaikan dengan dimana tempat yang bisa didengarkan oleh pemegang kebijakan, tanpa mengorbankan hak orang lain.

"Kalau pengusaha jelas elalu siap menjalankan, kalau memang sudah menjadi keputusan pemerintah. Begitu juga pemerintah dalam memutuskan jelas sudah mempertimbangkan dari berbagai dampak dan sisi kehidupan," tambahnya.

Editor: Dodo