Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mantan Vokalis Velvet Underground Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Senin | 28-10-2013 | 09:43 WIB
metallica_loureed.jpg Honda-Batam
Lou Reed saat berkolaborasi dengan Metallica.

BATAMTODAY.COM - Penyanyi asal Amerika Serikat dan mantan vokalis Velvet Underground, Lou Reed, meninggal pada usia 71 .

Dikenal diantaranya dengan lagu Perfect Day dan Walk on the Wild Side, Reed dianggap salah satu penyanyi dan penulis lagu genre musik rock yang paling berpengaruh.

Velvet Underground terkenal karena jenis musik dan seni mereka serta kolaborasi mereka dengan Andy Warhol.

Menurut kantor berita Associated Press, agen Reed, Andrew Wylie, mengatakan ia meninggal karena "penyakit yang terkait hati."

Wylie mengatakan musisi ini meninggal di rumahnya di Long Island, New York, pada hari Minggu (27/10/2013) pagi waktu setempat dan sempat sakit "selama beberapa bulan."

Mantan anggota Velvet Underground, John Cale, menulis dalam laman internetnya: "Dunia telah kehilangan seorang penulis lagu dan penyair yang baik... saya kehilangan 'teman sekolah saya.'"

Musisi lain yang menyatakan duka cita mereka yaitu The Who, yang menulis cuitan di Twitter: "RIP Lou Reed. Pergilah dengan tenang." Sementara musisi Iggy Pop mengatakan ini adalah "berita buruk."

Sebagai mantan peminum minuman keras dan pengguna narkoba selama bertahun-tahun, vokalis kelahiran Brooklyn tahun 1942 ini menjalani transplantasi hati Mei lalu setelah menderita gagal hati.

"Saya adalah bukti kejayaan ilmu kedokteran modern," Reed mengatakan di situs internetnya pada 1 Juni lalu.

The Velvet Underground pernah mencapai sukses komersial selama keberadaan mereka tahun 1960-an. Tetapi pengaruh mereka meluas kepada musik dalam beberapa dekade kemudian juga diakui secara luas.

Aliran musik punk, glam, dan aliran rock alternatif yang muncul pada tahun 1970-an, 80-an dan 90-an semua berhutang kepada Reed, yang lagu-lagunya dinyanyikan oleh banyak penyanyi dan band yang lebih muda seperti REM, David Bowie, Nirvana, dan Patti Smith.

Produser musik Brian Eno pernah menyimpulkan pengaruh mereka dengan mengatakan: "Album pertama Velvet Underground hanya terjual 10.000 kopi, tapi semua orang yang membeli album itu kemudian membentuk sebuah band."

Kelompok ini telah masuk ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1996 .

Sumber: BBC