Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh di Lobam Janji Tidak Blokir Jalan
Oleh : Harjo
Senin | 28-10-2013 | 09:19 WIB
watermarked-IMG-20131028-00956.jpg Honda-Batam
Perwakilan buruh di Lobam saat melakukan orasi di depan Pos 1 KIB Lobam, pagi tadi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Setelah bertemu sejumlah koordinator OKP dan ormas di Bintan Utara, pagi dini hari tadi, pimpinan buruh yang melakukan unjuk rasa akhirnya menepati janji tidak melakukan pemblokiran jalan masuk Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam.

"Kita sudah  duduk bersama dengan perwakilan buruh yang akan unjuk rasa tadi pagi. Mereka menyetujui permintaan lintas OKP dan ormas agar tidak memblokir jalan," kata Raja Ali Akbar, koordinator lintas OKP dan ormas Bintan Utara kepada BATAMTODAY.COM di Lobam, Senin (28/10/2013).

Berdasarkan kesepakatan kedua pihak, perwakilan buruh tetap akan melakukan orasi, namun  hanya di depan Pos 1 KIB Lobam, dan tidak masuk ke dalam kawasan industri. "Kita mengingatkan agar pimpinan buruh yang mengancamkan akan melumpuhkan ekonomi di Bintan untuk dicabut. Kita bersyukur dan harus diapresiasi karena mereka bersedia mendengarkan untuk menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Iwan, perwakilan OKP dan ormas lainnya, menyampaikan, buruh dari dalam KIB Lobam sejak subuh memang hanya melakukan orasi di depan Pos 1 pintu masuk KIB Lobam. Sementara para buruh yang akan masuk kerja dan pulang tetap berjalan normal.

"Kita berharap mereka tetap berkomitmen dengan apa yang sudah disampaikan agar tidak merugikan buruh lain dan masyarakat yang menjalankan aktivitasnya," ujar Iwan.

Pantauan di lapangan, sampai saat ini ratusan buruh masih melakukan orasi di depan Pos 1 Lobam dan dijaga ketat oleh anggota Polres Bintan. (*)

Editor: Dodo