Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bayar Orang untuk Buat Ulasan Miring tentang HTC, Samsung Didenda $340 Ribu
Oleh : Redaksi
Sabtu | 26-10-2013 | 14:13 WIB

BATAMTODAY.COM, Taiwan - Samsung diperintahkan untuk membayar denda sebesar $340.000 oleh regulator di Taiwan karena terbukti telah membayar orang untuk menulis ulasan negatif tentang ponsel pesaing di internet (astroturfing).

Dikutip dari The Daily Mail, raksasa teknologi asal Korea itu ditemukan telah menyewa orang untuk menyerang HTC, sementara memuji produk sendiri dalam upaya mendongkrak pemasarannya.

Pengulas itu tidak diungkapkankan identitasnya, sehingga masyarakat sedang tertipu dan berpikir bahwa mereka sedang membaca ulasan yang inidependen dan jujur. Denda tersebut menandai titik terendah baru dalam pertempuran sengit untuk pasar ponsel yang sedang diperjuangkan Samsung , Apple , Google dan HTC.

Sun Lih - Chyun, juru bicara Komisi Perdagangan Federal Taiwan (FTC), menilai bahwa Samsung telah berbuat licik. "Ini adalah kasus pertama di Taiwan bahwa sebuah perusahaan telah menyembunyikan status keaslian sementara menyerang saingan. Perilaku Samsung telah menyebabkan dampak negatif pada pasar dan melanggar hukum perdagangan yang adil," katanya.

Ulasan palsu itu berupa sebuah iklan yang mengulas tentang fungsi kamera pada Samsung Galaxy Y Duos GT - S6102, salah satu produk andalannya. (*)

Editor: Dodo