Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lestarikan Budaya Lewat Lomba Cipta Lagu Melayu
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 23-10-2013 | 13:30 WIB
menyanyi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparsenibud) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri melaksanakan Lomba Cipta Lagu Melayu tahun 2013, Selasa (22/10/2013) malam.

Acara yang digelar selama satu malam dan menghabiskan dana APBD lebih dari Rp50 juta itu, bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya Melayu sehingga menjadi ikon di bumi berazam Kabupaten Karimun. Di samping itu untuk mengembangkan bakat para seniman maupun budawayan Melayu yang ada di Kabupaten Karimun.

Plh Kadisparsenibud Kabupaten Karimun, Zamri kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (23/10/2013)  mengatakan, peserta yang mengikuti lomba cipta lagu melayu tahun ini sebanyak 8 orang. Masing masing membawakan 1 sampai 2 buah lagu.

"Masing-masing peserta boleh membawakan lagu yang bernuansa Melayu ciptaan orang lain. Tetapi, arransemennya harus original, versi dari peserta sendiri," terang Zamri di panggung rakyat, halaman rumah Dinas Bupati Karimun.

Lebih jauh dikatakan, dewan juri atau tim penilai dalam lomba ini berjumlah 4 orang terdiri. Diantaranya Suardi, dari Tanjungpinang dan Hamdi Atan, Masnur serta Sa'at yang keseluruhannya berasal dari Kabupaten Karimun.

Bagi perserta yang memenangkan lomba katanya lagi, akan menerima uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta bagi juara I. Kemudian Rp5 juta bagi juara II dan Rp4 juta bagi juara III. Sementara untuk juara harapan I diberikan uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta. Juara harapan II Rp2 juta dan juara harapan III Rp1,5 juta.

"Selain menerima uang pembinaan, pemenang juga menerima piala dan piagam," ujar Zamri.

Di tempat terpisah, staf ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Anwar Ujang, M.Si mengatakan, daerah ini berdekatan dengan 2 negara tetangga yakni Malaysia dan Sinagapura. Maka harus dikembangkan dan dilestarikan seni budaya Melayu yang ada di daerah ini.

Dirinya berharap agar peserta dapat berpartisipasi penuh mengikuti lomba. Sehingga nantinya bisa diperuntukkan dalam membina group serta sanggar-sanggar dalam persiapan mengikuti even serupa di tingkat nasional maupun internasional.

Setelah mengikuti perlombaan, ujar Zamri lagi, terpilih sebagai juara I adalah M Yasin MR dengan judul lagu, Zapin Putri Kemuning. Kemudian juara II  Hasan Basri dengan lagu, Karim dan Maimun dan juara III ditempati  Hafidz dengan lagu, Zapin Budak Karimun.

"Juara harapan I Nahar dengan  judul lagu, Zapin Warisan Karimun. Juara harapan II Wahyudi Firdiansyah dengan lagu, Sekali Kurenang Surut Kupantang, dan harapan III Sandri dengan lagu, Joget Anak Balai," ulasnya mengakhiri.

Editor: Dodo