Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekolah Jual Buku, Disdikbud Tanjungpinang Akan Turunkan Pengawas
Oleh : Habib
Rabu | 23-10-2013 | 12:55 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Orang tua murid mempertanyakan buku-buku pelajaran dari pemerintah untuk SD. Pasalnya anak mereka ditawari buku oleh pihak sekolah dengan harga Rp182 ribu untuk enam buku pelajaran.

"Katanya sudah ada buku dari pemerintah untuk anak SD, tapi kok sekarang anak saya disuruh beli, apa pemerintah tidak menyuplai buku?" tutur orang tua siswa SD Negeri 003 Bukit Bestari Tanjungpinang, saat ditemui di sekolahnya, Rabu (23/10/2013).

Terkait buku, ada siswa yang mendapat lima buah dan ada yang enam buah. Orang tua mengaku bingung karena ketidaksiapan guru dalam menjual buku tersebut, sehingga untuk melengkapi mereka harus memfotokopi lagi.

"Kalau jual ya dipaskan dengan jumlah siswa. Ini tidak, ada buku yang sudah habis. Tidak bisa distok lagi. Jadi, mau tak mau kamu fotokopi karena dia belajar pakai buku itu," tutur wali murid kelas 3 tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG, ketika dihubungi berjanji akan mengecek ke sekolah. "Saya akan menugaskan pengawas sekolah untuk melihat hal itu. Jika memang nanti ada praktik jual beli seperti itu maka kita akan memberikan teguran," tutur Dadang, saat dihubungi. (*)

Editor: Dodo