Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cadillac The Beast, Mobil Terbaru Barack Obama
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-10-2013 | 11:27 WIB
The-Beast.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Inilah tampilan terbaru mobil Barrack Obama.

BATAMTODAY.COM, Detroit - Meskipun sudah dilahirkan sebagai mobil yang sempurna, khususnya untuk melindiungi Presiden Amerika, Barack Obama, tapi tetap saja The Beast dianggap masih kurang. Karenanya, perlu terus disempurnakan lagi.

Nah, baru-baru ini, para agen Secret Service pun sampai membeli 12 unit sedan mewah Cadillac, kemudian dimodifikasi dengan piranti dan sistem aftermarket yang super rahasia, agar membuatnya benar-benar layak sebagai kendaraan yang sanggup melindungi sang presiden, dengan masing-masing mobil berbiaya lebih dari 1 juta USD.

Penyempurnaan ini penting dilakukan, karena sebelum-sebelumnya, saat mobil Kepresidenan George W Bush, suka mogok karena bobotnya terlalu berat. Transmisi sering jebol dan rem tidak pakem, karenanya mobil seolah sulit berhenti.

Jadi Secret Service harus terus melakukan penyempurnaan. Seperti The Beast terbaru ini, yang meski dari luar terlihat seperti sedan Cadillac, tapi sebenarnya ini bukan Cadillac. Malah, hanya sedikit sekali part bawaan asli Cadillac pada mobil ini. "Ini bukan limousin, ini lebih seperti truk berbentuk limousin," ujar salah satu veteran Secret Service, seperti dilansir Autoweek.

Mobil ini dikembangkan R&D General Motors di Detroit, dengan Emblem Cadillac khusus dan bagasi yang diperluas ukurannya. Tangki bahan bakar berlapis baja dan terbungkus dalam busa khusus untuk melindunginya dari tabrakan atau senjata api kecil. Dan, mungkin tidak mengherankan, ada sebuah sistem pemadam api onboard pada kabinnya.

Dengan bagasi yang diperluas, lalu apa yang ada di bagasi? Senjata ekstra, suplai oksigen yang terpisah di bawah kursi presiden dan peralatan medis darurat, termasuk botol golongan darah presiden.

Pelapisan baja pada keseluruhan bodinya juga begitu tebal dan pintu begitu berat, dengan baju besi kelas militer yang terdiri dari baja, alumunium, titanium, keramik dan juga fiberglass khusus, sehingga jangan heran kalau secara fisik, presiden Obama pun tidak akan mungkin bisa membukanya sendiri dari dalam.

Kabinnya terputus dari dunia luar dan disegel, sehingga selain anti serangan cyber, juga anti serangan kimia. Ada sebuah telefon satelit terenkripsi dan sistem video interaktif khusus, sehingga presiden dapat melakukan konferensi video aman dengan para pejabat di Situation Room, kedutaan luar negeri atau Pentagon.

Secret Service juga sudah mencoba kamera night vision khusus dan monitor yang akan digunakan dalam skenario seandainya kaca depan entah bagaimana terhalang pandangannya.

Terakhir, setiap Secret Service yang bertugas sebagai pengemudinya pun harus mengambil pelatihan Defensif Driving di akademi Secret Service di Beltsville selama seminggu. Mereka berlatih manuver mengelak, menikung dalam kecepatan tinggi dan mengemudi dengan presisi.

Dari semua fitur tersebut, apa yang tidak dimiliki The Beast? Maaf untuk para penggemar 007, karena tidak ada peluncur roket, granat atau built-in senjata apapun di mobil ini, juga tidak ada kursi pelontar untuk melarikan diri.

Oh, dan terakhir, The Beast tidak dibekali mesin diesel, tapi mesin V8 bensin, yang dirahasiakan tenaganya. Mobil ini punya konsumsi bahan bakar rata-rata 63.5 liters per 100 km, karena harus menanggung bobot 6,800 kg.

Sumber: mobil.otomotifnet.com