Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bukan Cuma MURI, Aksi Gosok Gigi Massal di Tanjungpinang Berhasil Pecahkan Rekor Dunia
Oleh : Agus Hariyanto
Sabtu | 19-10-2013 | 15:52 WIB
IMG03831-20131019-0932.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Ketua Kesatuan Gerak PKK Kota Tanjungpinang, dan Ketua PDGI Tanjungpinang, berfoto bersama panitia menunjukkan tiga piagam MURI.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kota Tanjungpinang berhasil memecahkan tiga rekor MURI pada aksi gosok gigi massal dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2013, yang digelar di Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, Sabtu (19/10/2013) pagi tadi. 

Tiga rekor MURI yang dipecahkan itu antara lain untuk kategori peserta terbanyak, yakni melibatkan 4.018 anak TK, PAUD, dan SD se-Kota Tanjungpinang; pemriksaan gigi massal terbanyak, dan melibatkan dokter terbanyak pula.

Kegiatan tersebut ditaja Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Tanjungpinang, Kesatuan Gerak PKK Kota Tanjungpinang, dan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Piagam MURI itu diserahkan oleh Yusuf Nadri, dari MURI, kepada drg Hirzani, ketua MKEG PDGI Kota Tanjungpinang.

Sementara piagam kedua diterima oleh Ketua Kesatuan Gerak PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni. Sedangkan piagam ketiga diterima Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

Yusuf Ndri, dari MURI, menyatakan, aksi yang digelar di Tanjungpinang ini bukan hanya memecahkan rekor MURI, melainkan telah berhasil memacahkan rekor dunia dengan aksi gosok gigi terbanyak, dokter pemeriksaan gigi terbanyak, mensosialisasikan hidup sehat, dan lainnya.

"Menghadirkan 4.018 orang dalam acara kesehatan gigi ini luar biasa. Seharunya ini bukan masuk MURI saja, namun bisa kita pecahkan rekor dunia," katanya.

Sementara Lis Darmansyah, dalam sambutanya, mengakui tidak menyangka akan mendapatkan rekor MURI. Sebab, katanya, acara tersebut bukan agenda Pemko Tanjungpinang. Bahkan tanpa bantuan dari Pemko Tanjungpinang, namun murni murni hasil swadaya dari sejumlah pihak.

Di tempat terpisah, Yuniarni Pustoko Weni mengaku bersyukur atas suksesnya kegiatan ini. Dia juga mengaku tidak menyangka akan mendapatkan rekor MURI. 

Aksi gosok gigi massal yang disejalankan dengan pemeriksaan gigi dan lomba gigi sehat itu diikuti oleh 37 PAUD, 26 TK, dan 70 SD se-Kota Tanjungpinang. Selain memecahkan rekor MURI, panitia juga memberikan hadiah beasiswa kepada anak-anak PAUD, TK, dan SD yang berhasil memenangkan lomba gigi tersehat, dan kuis tanya jawab seputar mulut dan gigi. (*)

Editor: Dodo